Minggu, 05 Mei 2024
Galih Priatmojo | Amertiya Saraswati : Jum'at, 07 Desember 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Beredarnya video kontroversial Qorygore yang melakukan tindakan tak sopan di Hutan Aokigahara tengah menjadi sorotan jagad maya.

Namun, bukan cuma di hutan saja, sejatinya travelers memang harus bersikap sopan di mana pun kalian berada. Tak terkecuali di tempat-tempat seperti hutan dan gunung.

Ya, tak hanya kepada manusia semata, ada baiknya jika travelers juga menghormati mereka yang tak terlihat. Terlebih jika teman travelers sekalian sedang mengunjungi 5 pasar di bawah ini.

Terletak di lereng gunung, inilah 5 pasar gaib yang terkenal mampu membuat bulu kuduk meremang ngeri dan nyalimu ciut sebelum mendaki. Mau tahu apa saja?

1. Pasar Bubrah Gunung Merapi

Pasar Gaib di Lereng Gunung (Google Maps)

Pecinta gunung pasti sudah akrab dengan nama pasar bubrah yang ada di sekitar pos 4 Gunung Merapi ini.

Konon, pasar bubrah memang terkenal sebagai yang paling angker dan juga merupakan istana para setan.

Banyak yang berkata mereka melihat penampakan di sini, namun ada juga yang hanya mendengar suara gaduh bak keramaian pasar diikuti denting gamelan. Hiii!

2. Pasar Setan Gunung Arjuno

Pasar Gaib di Lereng Gunung (Wikimedia)

Pasar setan di Gunung Arjuno ini berada di sebuah area yang berupa sabana dan ditumbuhi rerumputan.

Karena terletak di area yang luas dan cenderung mendatar, tak heran jika lokasi pasar ini kerap dijadikan tempat bermalam oleh para pendaki. Di sanalah, para pendaki mengaku bisa mendengar suara ramai bak pasar.

Tak hanya itu, beredar pula cerita seorang pendaki yang membeli jaket di pasar tersebut namun uang kembalian yang dia dapatkan berubah jadi daun keesokan paginya.

3. Pasar Setan Gunung Lawu

Pasar Gaib di Lereng Gunung (Wikimedia)

Beralih ke Gunung Lawu, pasar setan di gunung ini terletak di jalur pendakian yang melewati Candi Cetho.

Konon, jalur ini adalah yang paling angker jika dibandingkan dua jalur lainnya. Tak hanya itu, jalur ini juga dipercaya sebagai perlintasan ke alam gaib.

Ketika melewati pasar setan Gunung Lawu ini, kadang pendaki akan mendengar suara seseorang yang bertanya, ''Mau beli apa?''. Dikatakan, pendaki harus menjawab seakan-akan dia mau membeli sesuatu dan menyebutkan barang yang ada di sekitarnya seperti daun, batu, atau tanah.

Tak lupa, pendaki pun harus melemparkan uang ke arah terdengarnya suara tadi.

4. Pasar Watu Gunung Sumbing

Pasar Gaib di Lereng Gunung (Google Maps)

Seperti namanya, pasar Watu memiliki lanskap yang penuh bebatuan terjal dan berbahaya. Tidak heran, jalur ini akan menjadi licin saat musim hujan tiba.

Penampakan yang sering muncul di Pasar Watu Gunung Sumbing ini konon adalah seorang kakek tua. Selain itu, ada pula makhluk-makhluk gaib lain yang gemar berlarian naik-turun.

5. Pasar Setan Gunung Salak

Pasar Gaib di Lereng Gunung (Wikimedia)

Terakhir, ada pasar setan Gunung Salak yang konon juga merupakan kerajaan siluman. Tak hanya itu, ada pula makam yang terletak di puncak gunung ini.

Salah satu kisah seram tentang pasar setan Gunung Salak yang kerap beredar adalah seorang remaja yang membeli pisang goreng saat mendaki.

Namun, beberapa saat kemudian, barulah remaja itu sadar bahwa tidak ada satu pun warung yang berjualan pisang goreng di sekitarnya.

 

Itulah lima pasar gaib yang perlu diwaspadai travelers saat mendaki gunung.

Meski benar atau tidaknya kisah-kisah di atas masih belum diketahui secara pasti, namun tidak ada salahnya kan kita bersikap sopan dan hormat saat mengunjungi wilayah baru?

BACA SELANJUTNYA

Gajinya 25 Kali Lipat dari Guru, Dodit Mulyanto Tinggal di Hutan