Rabu, 24 April 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Rabu, 19 Desember 2018 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - ''Di laut, saya merasakan kebebasan dan kedamaian. Di sinilah saya seharusnya berada,'' ujar Carmen Lopez sembari duduk bersama papan selancarnya.

Carmen yang juga seorang tunanetra baru saja menyelesaikan satu setengah jam latihan berselancarnya di Teluk Biscay, di utara Spanyol.

Carmen Lopez (Youtube Euro News)

Tak memiliki kemampuan melihat bukan berarti Carmen tak dapat berselancar seperti halnya orang normal.

Kecintaannya pada debur ombak lautan membuat tekadnya bulat untuk berlatih keras menjadi atlet selancar tunanetra pertama asal Spanyol yang mengikuti Kejuaraan Selancar Adaptif Dunia di La Jolla, California.

Ia tak sendirian, dipandu siulan pelatihnya, Carmen membelah ombak berbekal intuisi tajam mencecap permukaan laut yang bergelombang.

Ya, Carmen yang tak dapat melihat, hanya sanggup membayangkan bentuk lautan dalam benaknya tatkala menaklukkan ombak bersama papan selancar.

Carmen Lopez (Youtube Euro News)

Sejak kecil, ia telah kehilangan kemampuan melihat sebab menderita kondisi medis glaukoma kongenital. Namun ia menolak disebut berbeda dengan peselancar lainnya.

''Saya tak berbeda dengan peselancar lain,'' tegas Carmen seperti dikutip Guideku.com dari Reuters.

Pasca mengikuti kejuaraan La Jolla tahun ini, Carmen tengah bersiap untuk kembali bersaing dalam Paralympic 2024 di Paris.

BACA SELANJUTNYA

Tamu Tunanetra Ulang Tahun, Restoran Ini Beri Kejutan Menyentuh