Jum'at, 26 April 2024
Galih Priatmojo | Aditya Prasanda : Jum'at, 21 Desember 2018 | 10:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Isentia, perusahaan analisis media yang berbasis di Australia baru-baru ini merilis perbincangan liburan akhir tahun yang kerap dibahas penghuni media sosial di Indonesia.

Dari riset tersebut, terjaring 2.322 kicauan tentang liburan akhir tahun sebanyak 48 persen di Twitter, 37 persen di Instagram, 12 persen di Facebook, serta 3 persen di blog dan forum.

Perbincangan ini menurut Isentia, masif diobrolkan di media sosial Tanah Air mulai bulan Juli.

Sementara itu, buzz tertinggi terjadi pada 7 Desember sebab begitu banyak brand dan agensi perjalanan yang mulai menawarkan promo Natal dan akhir tahun.

Dari ribuan kicauan yang beredar di media sosial netizen Indonesia tersebut, perusahaan yang didirikan tahun 1982 ini juga memetakan lima destinasi wisata yang paling banyak diperbincangkan sepanjang 2018. Apa saja?

(Pixabay Lobo Studio Hamburg)

Bercokol di peringkat pertama, Bali dengan 52,5 persen, disusul Bandung sebanyak 12,2 persen, lantas berturut-turut diikuti Lombok, Yogyakarta dan Lampung.

Pulau Dewata masih menjadi favorit para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Tak heran, Bali masih jadi destinasi wisata paling banyak diperbincangkan di Indonesia.

Beragam penghargaan pun berhasil disabet Bali seperti Best Wedding Destination International 2018 versi Travel and Leisure India, dan yang teranyar Top 25 Destination in the World 2018 dari TripAdvisor.

Namun over tourism juga jadi masalah baru yang harus segera dientaskan pemerintah setempat jika tak ingin alam Bali nan memesona tergadaikan oleh aktivitas wisata yang tak dikelola dengan bijak.

BACA SELANJUTNYA

Menggali Potensi Generasi Z di Media Sosial: Peluang Konten Kreator Anak SMA Sumedang dan Pelatihan Z-Write