Minggu, 28 April 2024
Tinwarotul Fatonah | Aditya Prasanda : Jum'at, 28 Desember 2018 | 10:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pasca tsunami Selat Sunda, Sabtu (22/12) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat agar tak menghabiskan long weekend dan akhir tahun di kawasan pantai.

Ancaman gelombang tinggi dapat terjadi sewaktu-waktu, terlebih sedari tanggal 22 hingga 29 Desember 2018.

BMKG juga menekankan agar masyarakat dan para wisatawan menjauhi kawasan pantai dengan radius 1 kilometer demi menghindari gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1,25 hingga 2,5 meter tersebut.

Beberapa pantai yang masuk dalam radar bahaya antara lain, perairan Sabang hingga Banda Aceh, perairan barat Aceh, lalu perairan barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai.

Ilustrasi gelombang tinggi (Pixabay)

Gelombang tinggi diperkirakan juga akan melanda perairan Enggano hingga Bengkulu, perairan barat Lampung, perairan barat Sumatera hingga Selat Sunda bagian Selatan.

Selain itu, pantai di selatan Jawa hingga Pulau Sumba juga terancam gelombang tinggi, termasuk Selat Bali hingga Selat Lombok, serta Pulau Sawu hingga Pulau Rote Kupang.

BMKG juga mewanti-wanti potensi gelombang tinggi di perairan kepulauan Anambas hingga Natuna, Laut Flores, Wakatobi, Bitung hingga perairan Papua.

Secara garis besar, hindarilah kawasan pantai terlebih dahulu hingga akhir tahun ya, demi keselamatan bersama.

BACA SELANJUTNYA

Ini 7 Tempat Wisata di Bandung Cocok untuk Habiskan Masa Libur Akhir Tahun