Senin, 29 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Senin, 14 Januari 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Nama Rammang-Rammang mungkin masih asing bagi kita. Padahal, pegunungan karst megah ini terletak di Sulawesi Selatan, tepatnya 40 km dari Kota Makassar.

Sebagai pegunungan karst terbesar ketiga di dunia, Rammang-Rammang hanya kalah dari Tsingy di Madagaskar dan Shilin di Cina.

Dengan luas mencapai 45.000 hektare, area Rammang-Rammang dipenuhi oleh aneka keindahan alam yang seolah tak ada batasnya.

Di sini, wisatawan dapat melihat pegunungan karst atau batu kapur yang menjulang dan ditumbuhi vegetasi lebat.

Rammang-Rammang, Pegunungan Karst Terbesar Ketiga di Dunia (instagram.com/piknik.47)

Untuk mencapai Rammang-Rammang, wisatawan harus rela menempuh perjalanan selama dua jam lamanya dengan menggunakan motor.

Kemudian, sesampainya di Rammang-Rammang, pengunjung dapat menyewa kapal dan berkeliling area Rammang-Rammang lewat Sungai Pute.

Melalui sungai ini jugalah, wisatawan dapat mengunjungi dua taman hutan batu kapur yang ada, telaga Bidadari, gua Bulu' Barakka', gua Telapak Tangan, gua Pasaung, dan desa Berua.

Rammang-Rammang, Pegunungan Karst Terbesar Ketiga di Dunia (instagram.com/gegewawd)

Fyi, nama Rammang-Rammang sendiri diberikan oleh penduduk setempat karena tempat ini kerap diselimuti oleh kabut atau awan. Dalam bahasa Makassar, rammang memang berarti kabut.

Diperkirakan pula, tempat ini sudah terbentuk sejak 30 juta tahun silam. Meski begitu, manusia baru mulai menduduki area Rammang-Rammang 40 ribu tahun lalu.

Travelers tertarik untuk berkunjung ke pegunungan karst terbesar di Indonesia yang masih hijau nan asri ini?

BACA SELANJUTNYA

Kuliner Legendaris Makassar: Resep Pallubasa yang Wajib Dicoba di Rumah