Sabtu, 20 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Minggu, 20 Januari 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Buat kamu yang sedang berlibur di Solo dan ingin berburu batik, Pasar Klewer tentunya bakal menjadi tempat pertama yang muncul di pikiran.

Dibangun sejak tahun 1942, pasar tradisional ini merupakan yang terbesar di Solo dan menjual aneka macam motif batik.

Selain menjadi sentra batik yang terkenal, Pasar Klewer juga dikenal sebagai tempat tujuan wisata sekaligus ikon kota Solo.

Namun, tahukah kamu kalau Pasar Klewer dulunya digunakan sebagai tempat parkir kereta?

Pasar Klewer (Google Maps)

Ya, usut punya usut, Pasar Klewer dulunya digunakan sebagai tempat pemberhentian kereta api sehingga kawasan tersebut dikenal dengan nama Slompretan.

Nama Slompretan sendiri berasal dari kata ''slompret'' atau terompet yang kerap terdengar saat kereta api akan berangkat.

BACA JUGA: Pasar Papringan, Pasar Tradisional Unik yang Semuanya Serba Bambu

Nah, karena digunakan sebagai tempat parkir kereta api itulah, para pedagang di kawasan Pasar Slompretan ini lantas menawarkan barang dagangan mereka sambil berjalan berkeliling.

Kebanyakan dari mereka meletakkan barang dagangan itu di pundak dan membiarkannya menjuntai ke bawah. Dalam bahasa Jawa, barang-barang dagangan yang menjuntai ke bawah ini disebut berkleweran.

Ilustrasi Macam-Macam Batik (Unsplash/Artem Bali)

Lama-kelamaan, kata klewer pun menjadi lebih dikenal ketimbang slompretan. Sehingga, nama Pasar Slompretan pun berganti menjadi Pasar Klewer.

Pasar Klewer sendiri semakin berkembang dari tahun ke tahun, sampai akhirnya bangunan bertingkat pun dibangun untuk menampung para pedagang.

BACA JUGA: 5 Kuliner Favorit Wisatawan dari Kota Kelahiran Joko Widodo

Totalnya, ada lebih dari 2.000 unit kios di bangunan Pasar Klewer ini. Berbeda dari zaman dulu, para pedagang pun kini tak lagi berjualan berkeliling dan membiarkan kain batik mereka berkleweran.

Meski begitu, tak bisa disangkal bahwa nama Pasar Klewer sudah terlanjur menjadi akrab dan lekat di hati wisatawan, bukan?

BACA SELANJUTNYA

5 Rekomendasi Wisata Outdoor Sekitar Kota Salatiga untuk Libur Akhir Tahun, Dijamin Happy!