Minggu, 28 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Rabu, 23 Januari 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Bangunan berbentuk kastil memang senantiasa memiliki pesona mereka tersendiri. Bak istana di negeri dongeng atau kisah Disney, tak sedikit orang yang berandai-andai tinggal di kastil.

Barangkali, itulah sebabnya kompleks Burj Al Babas di Turki dibangun. Seperti dikutip dari Business Insider, proyek yang dimulai tahun 2014 ini bertujuan membangun ratusan rumah mewah mirip kastil.

Dari kejauhan, pemandangan kompleks perumahan Burj Al Babas ini memang terlihat seperti negeri dongeng. Ratusan kastil terlantar beratap biru dan berdinding putih berjajar di sini.

Bahkan, nyaris sebagian besar dari kastil tersebut terlihat sudah selesai dibangun.

Kastil Terlantar di Burj Al Babas (Google Maps)

Sayang, bukannya ramai oleh pembeli, proyek perumahan kastil Burj Al Babas ini rupanya malah berakhir ditelantarkan.

Dari total sekitar 732 kastil, 350-nya sudah sempat terjual ke investor dari Arab. Harga per kastil sendiri berkisan antara 400-500 ribu USD atau 5-7 miliar rupiah.

Namun, banyak dari penjualan ini berakhir ditarik kembali.

Hal ini disebabkan oleh adanya krisis ekonomi di Turki, inflasi, penurunan nilai mata uang lira, sekaligus gejolak politik.

Kastil Terlantar di Burj Al Babas (Google Maps)

Akibat krisis keuangan tersebut, ratusan rumah bergaya kastil Gothic ini pun berakhir ditinggalkan. Tak heran, Burj Al Babas turut berubah menjadi layaknya negeri dongeng berhantu.

Meski begitu, seiring dengan membaiknya kondisi keuangan di Turki, kontraktor sekaligus arsitek Burj Al Babas berharap agar pembangunan dapat berlanjut kembali.

Direncanakan, pembangunan kastil-kastil Burj Al Babas ini akan berlanjut kembali pada Oktober 2019 nanti.

BACA SELANJUTNYA

Tetap Phisical Distancing, Turki Hidupkan Tradisi Utsmani Bagikan Sahur