Jum'at, 03 Mei 2024
Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda : Minggu, 27 Januari 2019 | 07:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Tidak sedikit pulau di dunia yang menyimpan begitu banyak misteri, tak terkecuali deretan pulau di peta yang ternyata tidak pernah ada wujudnya.

Seperti 4 pulau misterius yang dihimpun Guideku.com dari berbagai sumber berikut. Apa saja?

Isle of Demons

(Wikimedia Johann Ruysch)

Legenda yang beredar di kalangan pelaut menyebut pulau ini dipenuhi hewan buas dan setan yang siap menyerang siapa saja yang berani mendekati pulau Isle of Demons.

Pulau ini lantas dihapus dari peta pada pertengahan abad ke-17 setelah sejumlah tim ekspedisi membuktikan bahwa pulau ini tidak pernah ada menilik laporan 10 Most Today.

Pulau Dougherty

(Wikimedia Public Domain)

Daniel Dougherty, seorang pelaut meyakini melihat keberadaan pulau ini tatkala menyisir bagian selatan Samudera Pasifik tahun 1841.

Rumor beredar di kalangan pelaut, banyak dari mereka yang mengaku juga melihat keberadaan Pulau Dougherty.

Tim ekspedisi gabungan Australia, Inggris dan Selandia Baru akhirnya mencoba menyambangi lokasi pulau ini pada 11 Agustus 1931 dan tak menemukan apapun menilik laporan Sydney Morning Herald.

Akhirnya tahun 1937, Pulau Dougherty resmi dihapuskan dari peta dunia.

Pulau Saint Brendan

(Wikimedia Public Domain)

Jika benar peta pada abad ratusan masehi memiliki tingkat keakuratan nan mumpuni, maka diperkirakan Pulau Saint Brendan berada di Azores, tepatnya di sekitar kawasan Atlantik Utara.

Penamaan pulau ini diambil dari nama seorang pastur asal Irlandia, Saint Brendan yang menurut legenda menemukan pulau ini pada abad 512 M.

Saint Brendan bersama 14 pastur lainnya bahkan disebut sempat menetap di pulau ini selama nyaris dua minggu.

Sejumlah pelaut mengaku pernah melihat keberadaan pulau ini namun tak sanggup mendekat sebab terhalau cuaca yang begitu buruk.

Laporan Journal of the Bizzare menyebut Pulau Saint Brendan memang benar-benar ada namun hari ini telah tenggelam di dasar laut.

Pulau Emerald

(Wikimedia Keith Edkins)

Beberapa tim ekspedisi pada medio awal tahun 1800-an mengaku sempat melihat keberadaan Pulau Emerald, tepatnya di bagian selatan Pulau Mcquaire, Antartika.

Namun ratusan tahun kemudian, banyak pelaut yang mencoba membuktikan kebenaran pulau ini dan tak menemukan apapun.

Puncaknya, pada tahun 1949, Angkatan Laut Selandia Baru, HMNZS menyisir lokasi dan hanya menemukan gumpalan awan di atas permukaan air es.

BACA SELANJUTNYA

Banjir Pujian, Pria Ini Unggah Video Memasak Pancake Gambar Peta Indonesia