Senin, 19 Agustus 2019
Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda : Minggu, 10 Februari 2019 | 16:00 WIB

Guideku.com - Menghubungkan kawasan Gilgit-Baltistan di Pakistan dan Silk Road di China, Karakoram Highway membentang sejauh 1.300 kilometer.

Jalan raya yang dibangun atas kerja sama pemerintah China dan Pakistan ini dikerjakan selama 20 tahun hingga akhirnya diresmikan pada 1979.

Pengerjaannya konon mengorbankan ratusan jiwa pekerja China maupun Pakistan.

Hari ini salah satu jalan raya paling berbahaya di muka bumi tersebut juga dikenal sebagai tempat perlintasan untuk menyimak beberapa lanskap alam memesona. Dihimpun dari berbagai sumber, Guideku.com mencatat empat di antaranya. Apa saja?

Oytagh Canyon

Ilustrasi (Pixabay Kareni)

Tak jauh dari kota kecil Opal, pegunungan merah Oytagh Canyon membentang dengan pesona relief bebatuan merahnya nan menakjubkan.

Pegunungan ini merupakan destinasi alam pertama yang dapat kita simak jika menyisir perjalanan dari kawasan Kashgar di China.

Nahas sejumlah sumber menyebut pegunungan merah, Oytagh Canyon ditutup sejak tahun 2014.

White Sand Lake

(Wikimedia /Jiliang Gao)

White Sand Lake atau yang lebih dikenal sebagai Danau Pasir Putih merupakan destinasi alam menakjubkan selanjutnya yang dapat disimak tatkala menyisir Karakoram Highway.

Pasir putihnya nan menawan begitu selaras dengan permukaan danau nan biru dan kian cemerlang tatkala langit cerah dengan sedikit awan.

Danau Karakul

(Wikimedia Fanghong)

Dikelilingi pegunungan berselimut salju, Danau Karakul bak permata nan menawarkan kesegaran alami bagi para wisatawan yang melintasi Karakoram Highway.

Jika ingin menyimak pesona danau yang dipagari pegunungan Muztagh ini, datanglah tatkala matahari tengah terbenam pula saat matahari baru saja menampakkan wujudnya.

Taheman Grasslands

(Wikimedia Rheins)

Bertolak sekitar satu jam dari Danau Karakul, Taheman Grasslands membentang dengan pesona daratan hijaunya nan memukau.

Tak dapat diragukan lagi, lembah dengan hamparan padang rumput hijau ini merupakan salah satu pesona alam yang patut disimak tatkala menyisir Karakoram Highway.