Jum'at, 29 Maret 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Kamis, 14 Februari 2019 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Demi mengentaskan permasalahan lingkungan kumuh yang menjangkiti nyaris seluruh sudut Sierra Leone di Afrika Barat, pemerintah setempat mencanangkan hari khusus gotong royong massal yang disebut National Cleaning Day.

Acara gotong royong yang diadakan sekali dalam sebulan, tepatnya di hari Sabtu ini dilaksanakan seluruh penduduk Sierra Leone baik pria maupun wanita.

Saat National Cleaning Day berlangsung, para pria dan wanita akan ke luar rumah, membersihkan jalanan, selokan dan fasilitas umum sedari pukul 07.00 pagi hingga 12.00 siang waktu setempat.

Para penduduk akan menanam pohon di lahan-lahan kosong serta mencat kembali dinding-dinding rumah mereka.

Ribuan ton plastik dan sampah rumah tangga yang menyumbat sistem drainase lantas dikeluarkan, dikumpulkan di tempat sampah dan dibakar.

(Pixabay PDPics)

Laporan BBC menyebut gotong royong massal yang dimulai pada 5 Mei 2018 ini merupakan bagian dari kampanye presiden baru Sierra Leone, Julius Maada Bio yang memiliki misi meningkatkan kebersihan di Sierra Leone yang kerap dirundung permasalahan banjir akut akibat sampah nan menumpuk setiap tahunnya.

BACA SELANJUTNYA

Lezatnya Callaloo, Hidangan Khas Afrika Favorit Ratu Elizabeth II