Kamis, 25 April 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Jum'at, 15 Februari 2019 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pada ketinggian 4 ribu meter di tengah Pegunungan Pamir, Tajikistan, Danau Karakul membentang dengan kandungan garamnya yang begitu tinggi.

Dengan permukaan danau seluas 380 kilometer persegi dan kedalaman hingga 230 meter, perairan Karakul terbentuk akibat hantaman meteorit puluhan juta tahun lalu.

Kandungan garam yang sangat tinggi juga menyebabkan tak satupun mahluk hidup sanggup bertahan di Danau Karakul. Tak heran danau ini tampak seperti perairan mati nir kehidupan.

(Wikimedia Ekrem Canli)

Dipagari pegunungan salju dan dataran tinggi yang berbalut hamparan pasir, permukaan Danau Karakul kerap berubah warna dari biru kobalt hitam menjadi hijau zamrud hingga bermacam warna pirus lainnya.

Kandungan garam yang begitu tinggi juga menyebabkan tak satupun kapal mampu berlayar di tempat ini sebab terancam mudah tenggelam.

Kawasan ini dahulu merupakan kamp tahanan perang Jerman tatkala Perang Dunia II berkecamuk. Dan hari ini Danau Karakul menjadi salah satu destinasi tujuan favorit para turis yang menyambangi Tajikistan.

BACA SELANJUTNYA

Meniti Pamir Highway, Jalur Road Trip Paling Ekstrem di Dunia