Kamis, 18 April 2024
Galih Priatmojo | Aditya Prasanda : Sabtu, 16 Februari 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Guratan tinta dengan media areal persawahan ini disebut Tanbo Art atau akrab pula disebut sebagai Rice Paddy Art.

Dikembangkan pertama kali oleh para petani yang bermukim di Desa Inakadate, Prefektur Aomori, Jepang, Tanbo Art menjelma kesenian unik yang dikembangkan sejak tahun 1993 dan dilestarikan hingga hari ini.

Untuk menciptakan gambar nan menarik, para petani di Desa Inakadate menanam padi dengan warna berbeda.

Warna tersebut didasarkan pada pola gambar yang sudah dipetakan melalui komputer terlebih dahulu.

Bermacam pola menarik dan rumit pun dibentuk dan dalam 20 tahun terakhir areal persawahan di Inakadate dihiasi beragam gambar dari Marylin Monroe, Napoleon, Monalisa hingga bermacam ikon sejarah Jepang.

Ratusan relawan akan menanam beras dengan warna berbeda pada pola desain yang telah mereka siapkan. Butiran padi berwarna hijau, kuning, merah dan ungu tersebut dipasok dari bibit padi lokal.

(Wikimedia )

Laporan Culture Trip menyebut jika ingin menyimak pesona guratan cantik di areal persawahan Jepang ini, sambangilah Desa Inakadate pada bulan Juni hingga September.

Kita akan disuguhkan kesempatan untuk menyimak cantiknya Tanbo Art dari menara tinggi sembari mengikuti tur yang menawarkan kesempatan untuk melihat proses pertanian padi tradisional Jepang sedari bercocok tanam hingga panen.

BACA SELANJUTNYA

Wajib Tahu! Wisatawan Indonesia Wajib Jalani Tes Tuberkolusis Sebelum Masuk Jepang