Rabu, 18 September 2019
Dany Garjito : Kamis, 14 Maret 2019 | 16:00 WIB

Guideku.com - Industri digital khususnya di sektor online travel semakin tumbuh. Sektor ini menyumbang lebih dari 38% dari perkiraan pertumbuhan ekonomi internet di Asia Tenggara tahun lalu, yang mencapai 78 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 1,11 triliun. Google dan Temasek juga memprediksi bahwa sektor online travel tumbuh 15% setiap tahunnya hingga 2025.

Proyeksi pertumbuhan online travel juga terbukti dalam data pemesanan online travel di platform ShopBack. Shopback adalah platform gaya hidup yang mendukung masyarakat untuk dapat belanja hemat dan cermat, dengan memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan kepada konsumen.

Yolanda Margaretha, selaku Head of Business Development di ShopBack Indonesia mengatakan sektor penjualan online untuk produk travel memang semakin diminati masyarakat Indonesia.

"Berdasarkan data ShopBack, volume pemesanan online travel menunjukan pertumbuhan yang luar biasa di tahun 2018, dengan peningkatan hingga 260%. Hal ini pun menunjukkan semakin banyak pengguna yang membeli produk online travel di platform ShopBack," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Suara.com, Kamis {14/3/2019}.

Yolanda juga menambahkan saat ini desktop masih menjadi pilihan utama pelancong dalam memesan produk travel secara online. Namun perlahan pengguna berpindah ke aplikasi ponsel untuk melakukan transaksi online travel. Tingkat pertumbuhan aplikasi mobile setidaknya 1,5 kali lebih cepat ketimbang desktop di 2018.

"Hal ini pun sesuai dan konsisten dengan laporan ShopBack sebelumnya, dimana penjualan secara online lebih banyak terjadi di aplikasi ponsel hampir di seluruh kategori utama produk. Jika tren ini terus berlanjut, aplikasi ponsel akan jauh melampaui desktop sebagai platform terkemuka dalam transaksi online travel di kuartal-kuartal mendatang," aku Yolanda.

Melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap produk travel, ShopBack pun menawarkan promo menarik dengan memberikan cashback hingga 7,5% untuk setiap pemesanan akomodasi di platform ShopBack. Bahkan dalam periode tertentu pengguna bisa mendapatkan cashback hingga 10%.

SUARA.com/Ade Indra Kusuma