Senin, 22 April 2019
Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda : Sabtu, 16 Maret 2019 | 12:00 WIB

Guideku.com - Christchurch, kota damai dengan tingkat kriminalitas rendah di New Zealand ini jadi sorotan dunia saetelah insiden penembakan brutal di dua tempat ibadah, Masjid Al Noor dan Masjid Linwood pada Jumat (15/3) meyesakkan dada begitu banyak orang.

Tragedi berdarah yang terjadi tatkala umat Muslim setempat menggelar salat Jumat ini menyebabkan sekitar 57 orang meninggal dunia.

Di luar kejadian memilukan tersebut, Guideku.com mencoba menelusuri Christchurch, kota terbesar di pesisir timur New Zealand.

Kota teduh ini pada dasarnya memiliki beragam destinasi wisata dengan lanskap alam menawan.

Lima di antaranya Guideku.com himpun sebagai berikut. Apa saja?

Christchurch Botanic Gardens

(Wikimedia 285)

 

Dengan deretan taman bunga, vegetasi hijau, konservatori tanaman dan pepohonan Oak nya nan khas, Christchurch Botanic Gardens disebut sebagai salah satu destinasi wisata paling Instagramable di New Zealand.

Port Hills

(Wikimedia/Carl Lindberg)

 

Bagi kamu pecinta sepeda gunung, kawasan perbukitan Port Hills menyuguhkan jalur perlintasan sepeda dengan panorama alamnya nan menakjubkan.

Menyisir rangkaian perbukitannya yang membentang antara Christchurch dan Pelabuhan Lyttelton, mudah kita disergap damai menyimak perairan dan langit luas berkelindan sejauh mata memandang.

Godley Head

(Wikimedia/Godley Head)

 

Suku Maori mengenalnya sebagai Awaroa, tanjung paling populer di pintu masuk Pelabuhan Lyttelton.

Sejak digunakan sebagai basecamp pertahanan Perang Dunia II, situs warisan nasional New Zealand ini dikenal sebagai Godley Head.

Di Godley Head, kita dapat menyisir jalur pejalan kaki yang dilengkapi panorama alam menawan.

Pantai Sumner

(Wikimedia/Schwede66)

 

Saat musim panas, wisatawan yang menyambangi Christchurch memadati Pantai Sumner untuk berjemur.

Dari pantai yang berada sekitar 10 kilometer barat daya Christchurch ini, kita dapat menikmati Pantai Scarborough dan Pantai Taylor Mistake yang memiliki panorama sama menakjubkannya.

Christchurch Tramway

(Wikimedia/Krzysztof Golik)

 

Salah satu cara terbaik untuk menyisir jalanan kota Christchurch yakni dengan menumpangi trem bersejarah Christchurch Tramway.

Para penumpang dapat naik dan turun sesuka hati menyusuri jalanan dengan 17 titik perlintasan.