Senin, 29 April 2024
Angga Roni Priambodo | Arendya Nariswari : Rabu, 20 Maret 2019 | 08:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Bagi yang ingin berwisata ke Gunung Bromo di Jawa Timur tapi masih merasa ragu-ragu karena erupsi, kini travelers tak perlu khawatir.

Gunung Bromo masih aman untuk dikunjungi wisatawan.

Meskipun Gunung Bromo setiap hari mengalami erupsi secara fluktuatif, rupanya aktivitas vulkanik ini terbilang belum membahayakan.

Erupsi Gunung Bromo yang terjadi hanya menyemburkan abu vulkanik serta pasir bukan kerikil atau lava pijar.

Disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers, Selasa (19/3/19) pukul 06.00-12.00 WIB telah terjadi 5 kali letusan di Gunung Bromo.

Meski sedang erupsi, Gunung Bromo tetap aman dikunjungi wisatawan. (Foto: Dok. BNPB/BPBD Probolinggo)

Asap kawah yang bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna kelabu dan hitam setinggi 900-1.500 meter dari puncak kawah.

Di sekitar Pos Pengamatan Gunung Bromo juga telah turun hujan abu dan terdengar suara gemuruh dentuman dari kawah.

Pada Senin (18/3/19) pukul 00.00-24.00 WIB, juga telah terjadi 28 kali letusan dengan amplitudo 25-34 mm selama 17-889 detik di Gunung Bromo.

Meski sedang erupsi, Gunung Bromo tetap aman dikunjungi wisatawan. (Foto: Dok. BNPB/BPBD Probolinggo)

Asap kawah juga dalam kondisi bertekanan lemah, sedang hingga kuat. Warnanya putih, kelabu serta hitam dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal.

''Meski hampir setiap hari erupsi, status Gunung Bromo tetap waspada (level II). Masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung, wisatawan serta pendaki agar tidak memasuki kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif,'' ungkap Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers yang diterima Guideku, Selasa (19/3/2019).

Meski begitu, masyarakat serta wisatawan diimbau tetap mengenakan kacamata maupun masker agar terhindar dari abu vulkanik.

PVMBG akan terus melakukan pemantauan aktivitas vulkanik di Gunung Bromo. Lalu, informasi apalagi yang disampaikan oleh Sutopo terkait Gunung Bromo yang masih terus erupsi?

BACA SELANJUTNYA

Mendebarkan, Turis Pria Ini Lamar Sang Kekasih di Puncak Gunung Bromo