Sabtu, 27 April 2024
Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda : Selasa, 26 Maret 2019 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, Minggu (24/3), Mass Rapid Transit (MRT) diharapkan menjelma jadi moda transportasi yang memudahkan mobilitas penduduk Jakarta.

Hari ini, sebelum dioperasikan secara komersial pada 1 April 2019 mendatang, MRT dapat ditumpangi secara cuma-cuma.

Tak heran antusias warga yang penasaran dengan moda transportasi baru di Indonesia ini pun tak terbendung. Ramai dari mereka ingin mengetahui sensasi menumpangi MRT.

Namun mirisnya, rasa ingin tahu tersebut tak diimbangi sikap santun masyarakat sebagai pengguna jasa publik untuk sama-sama merawat, memelihara dan menjaga kebersihan serta ketertiban di MRT.

(Pixabay Cegoh)

Tak ada salahnya kita berkaca pada negara tetangga yang telah bertahun-tahun menggunakan transportasi ini. Singapura misalnya.

Di Singapura, demi menjaga kebersihan, para penumpangnya dilarang makan dan minum di dalam MRT. Jika ketahuan, penumpang nakal akan dikenakan denda sebesar SGD 500 atau setara Rp 5,2 juta.

''Menyantap makanan dan minuman apapun tidak diizinkan di MRT sebab dapat mengotori kursi, bagian MRT dan barang-barang penumpang lainnya,'' tulis pernyataan resmi otoritas MRT Singapura dalam laman web SMRT.

Tak hanya itu, MRT Singapura juga memberlakukan sanksi berat bagi penumpang yang kedapatan merokok di MRT dengan denda senilai SGD 1.000 atau setara Rp 10,5 juta.

Bahkan, meludah sembarangan di MRT juga akan dikenakan denda sebesar SGD 5 ribu atau setara Rp 52 juta.

(Pixabay Cegoh)

Terdapat total sekitar 24 sanksi denda bagi para pelanggar MRT yang diberlakukan otoritas Singapura.

Dan untuk mewujudkan MRT yang bersih dan tertib seperti hari ini, Singapura membutuhkan waktu yang tak sebentar menilik usia kehadiran MRT di Singapura yang telah menginjak usia 32 tahun.

BACA SELANJUTNYA

Singapura Ubah Bus Lama Jadi Hotel Mewah, Opsi Menginap Unik di Liburan Akhir Tahun