Rabu, 01 Mei 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Kamis, 04 April 2019 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pada 22 Maret 2019 lalu, seorang remaja berusia 18 tahun, Alvin Aditya Darmawan dibekuk aparat setelah ketahuan menyamar sebagai pilot Garuda Indonesia.

Alvin yang menggunakan atribut pilot lengkap dari pakaian, topi hingga ID Card tercium penyamarannya oleh seorang kapten pilot yang sedang tak bertugas dan tengah mengantarkan keluarganya di bandara.

Aparat keamanan bandara segera meringkus sang pilot gadungan yang terancam hukuman 6 tahun penjara atas tuduhan pemalsuan dokumen.

Ini bukan kali pertama dunia penerbangan Indonesia digegerkan dengan ulah para pilot, Guideku.com mencatat sejumlah insiden yang melibatkan para pilot di Indonesia. Apa saja?

Pilot Mabuk

Cetak layar (Instagram The Green Blog)

Masyarakat Indonesia sempat dihebohkan dengan video yang merekam gelagat aneh pilot dari maskapai penerbangan, Citilink yang diduga mabuk.

Pilot bernama Tekad Purna itu diketahui hendak melakukan penerbangan dari Surabaya menuju Jakarta pada Rabu, 28 Desember 2016.

Meski tak ditemukan narkotika dan bahan zat adiktif lain di dalam tubuh sang pilot, otoritas Citilink memecat Tekad Purna yang dianggap tak memenuhi syarat terbang.

Konsumsi narkotika

(Pixabay Qimono)

Bukan hanya sekali insiden ditangkapnya seorang pilot akibat kedapatan mengonsumsi narkotika mencoreng dunia penerbangan Indonesia. Insiden terakhir terjadi pada tahun 2017 saat seorang pilot Lion Air berinisial MS (48) dibekuk aparat keamanan saat tengah menghisap sabu seberat 0,3 gram di hotel T-Kupang, Senin, pada 4 Februari 2017.

Maling jam

(Pixabay Fancy Crave 1)

Awal Januari 2019 lalu, publik kembali dibuat terkejut saat seorang pilot Wings Air, Putra Setiaji (30) diamankan kepolisian setempat paska terciduk mencuri sebuah arloji bernilai nyaris Rp 5 juta di Bandara I Guisti Ngurah Rai, Bali.

BACA SELANJUTNYA

Viral, Gegara 'Penumpang Gelap' Pilot AirAsia Terpaksa Putar Balik