Minggu, 28 April 2024
Dany Garjito | Aditya Prasanda : Rabu, 15 Mei 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Paspor diplomatik Sovereign Order of Malta, dokumen sakti yang hanya diberikan pada anggota Dewan Sovereign Military Order of Malta (pemerintah), serta kepala dan anggota Misi Diplomatik ini merupakan paspor eksklusif yang memungkinkan pemiliknya traveling ke 100 negara tanpa visa.

Sovereign Military Order of Malta (SMOM) sendiri merupakan salah satu institusi Nasrani tertua dalam sejarah peradaban Barat yang aktif memberikan sokongan bantuan pada masyarakat marjinal di tengah konflik bersenjata maupun bencana alam.

Dibantu oleh lebih dari 70 ribu relawan, melalui bermacam kegiatan medis, sosial maupun kemanusiaan, badan amal ini telah memberikan dukungan bantuan pada 120 negara.

Paspor (Unsplash)

Laporan Independent menyebut paspor eksklusif ini hanya berlaku selama empat tahun dan disesuaikan berdasarkan durasi penugasan yang diberikan oleh otoritas Sovereign Military Order of Malta.

Paspor diplomatik Sovereign Order of Malta juga dilengkapi fitur biometrik yang sah dan sesuai dengan standar International Civil Aviation Organization (ICAO).

Namun demikian, paspor sakti yang konon hanya dimiliki 500 orang di dunia ini, tidak diterima beberapa negara macam Inggris, Amerika Serikat dan Selandia Baru.

BACA SELANJUTNYA

Hiii, Selebgram Ini Mendekam di Sel Penuh Kecoa Akibat Paspor Rusak