Kamis, 25 April 2024
Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda : Minggu, 16 Juni 2019 | 15:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Rumah berwarna biru di tengah Swan River ini merupakan objek wisata paling populer di kota Perth, Australia. Masyarakat mengenalnya sebagai Crawley Edge Boat Shed.

Bangunannya yang begitu ikonik, berlatarkan langit dan permukaan sungai yang biru, begitu cantik dan menawan.

Di hadapannya, jembatan cokelat memanjang menuju pintu utama berwarna putih nan selaras, membuat rumah ini kerap jadi sasaran banyak wisatawan pemburu foto.

Overtourism di Crawley Edge Boat Shed pun tak terelakkan. Dan nahas, situs fotogenik ini tak bertempat di kawasan yang strategis.

Selain letaknya yang tak jauh dari bibir jalanan yang sibuk, Mounts Bay Road, akses kamar kecil di sekitar spot wisata ini juga terbilang minim.

Tak heran, ada begitu banyak restoran di sekitar Crawley Edge Boat Shed yang jadi korban kesewenangan para turis yang berkunjung sebab ingin meminjam toilet, alih-alih memesan makanan.

(Pixabay 1681551)

Resah dengan kondisi tersebut, sejak akhir Mei lalu, Dewan Kota Perth menggodok rencana pengentasan overtourism di kawasan Crawley Edge Boat Shed.

Salah satu rencana mengatasi overtourism itu merunut laporan CNN yakni dengan membangun toilet tenaga surya di sekitar Crawley Edge Boat Shed.

Tak tanggung-tanggung otoritas setempat menggelontorkan dana hingga 400 ribu dollar Australia atau setara Rp 3,9 miliar untuk pembangunan toilet tenaga surya yang akan dikerjakan secara bertahap tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Air Supply Gelar Konser di Indonesia 1 Desember 2023: Catat Tempat dan Harga Tiket