Jum'at, 29 Maret 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Minggu, 07 Juli 2019 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Belum lama ini, para arkeolog di Inggris mendapati sebuah penemuan mengejutkan berupa bangunan tua berusia 400 tahun yang ada di bawah halaman mansion.

Bukan rumah biasa, bangunan itu dikabarkan ada di halaman sebuah mansion megah yang bernama Ashton Court seperti dilansir dari laman BBC.

Karena penemuan ini, halaman di mansion Ashton Court pun harus digali oleh para arkeolog dari Archeoscan.

Awalnya, penemuan ini sendiri bermula dari munculnya jejak-jejak seperti terbakar di rumput akibat musim panas kering tahun lalu.

Namun, setelah diteliti, jejak terbakar tersebut ternyata merupakan dinding dari sebuah bangunan tua yang masih utuh dan lumayan terawat.

Bangunan tua 400 tahun ditemukan di bawah mansion (twitter.com/Ashton_Court_)

"Dinding yang sejauh ini berhasil digali adalah salah satu dinding terbaik yang pernah kusaksikan dalam tahun-tahunku menggali," ujar pimpinan arkeolog Tony Roberts.

Meski belum sepenuhnya terkuak, namun sebuah "bangunan tua yang tidak terbayangkan" diperkirakan ada di bawah halaman mansion tersebut.

Hal ini diperkuat hasil survei yang mengindikasikan masih ada banyak dinding dan ruang yang tersebar di halaman tersebut.

Bangunan tua 400 tahun ditemukan di bawah mansion (twitter.com/Ashton_Court_)

Sejauh ini, dinding yang sudah berhasil ditemukan memiliki ketinggian 0,5 meter sementara dasar dari dinding tersebut belum ditemukan.

Sementara, penggalian dikabarkan akan berlangsung sampai tanggal 18 Juli nanti.

Mansion Ashton Court sendiri merupakan sebuah mansion di Bristol, Inggris yang dulu pernah ditinggali namun sekarang menjadi milik otoritas setempat.

BACA SELANJUTNYA

Niat Pecahkan Rekor Dunia, Ibu Muda Ajak Balita Keliling Eropa Termasuk Rusia - Ukraina