Jum'at, 29 Maret 2024
Rauhanda Riyantama : Kamis, 05 September 2019 | 23:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Solo International Performing Arts (SIPA) 2019 yang mengusung tema “Art as a Social Action" resmi dibuka hari ini. Tema itu sendiri memberikan pengertian bahwa seni bukan hanya menjadi hiburan, namun beradaptasi pada isu sosial masyarakat.

Berlangsung di Benteng Vastenburg Solo, acara tersebut rencananya akan digelar pada tanggal 5 s.d 7 September 2019 dimulai pukul 19.00 sampai dengan pukul 23.00. Suguhan yang diberikan bukan hanya kemegahan panggung yang dapat memanjakan mata, namun juga berbagai macam pertunjukan yang ditampilkan pegiat seni nasional dan internasional.

Pada hari pertama, Kamis (5/9/2019), Direktur SIPA, Irawati Kusumorasri; Walikota Surakarta, F.X Hadi Rudyatmo; dan Duta Besar Korea Selatan, H.E Mr. Kim Chang Beom memberikan sambutan. Kemudian acara dibuka oleh Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management CoE, Kementrian Pariwisata, Dra. Esthy Reko Astuty, M.Si.

"Suatu kehormatan SIPA kali ini bisa kedatangan tamu dari Kedutaan Besar Korea Selatan" ungkap Irawati Kusumorasri.

Setelah sambutan sederet penampilan siap memeriahkan acara. Penampilan pembuka adalah Elizabeth Sudira, penyanyi asal Solo yang terpilih sebagai maskot SIPA 2019, feat Semarak Candrakirana, sanggar tari Solo yang dipimpin oleh Direktur SIPA. Setelah bernyanyi bersama Elizabeth Sudira, penonton disuguhkan penampilan dari Chun Seul Dance Company yang merupakan grup tari yang berasal dari Korea.

Selanjutnya grup tari asal Riau Malaydansstudio tampil dengan ragam gerak tari melayu. Kemudian penampilan dilanjutkan oleh Century Contemporery Dance Company asal Taiwan, Abib Igal Dance Projek asal Palangkaraya, Chinese Youth Goodwill Assosiasion asal Taiwan, dan kemudian ditutup dengan permainan musik oleh Kunokini & Svaraliane yang berasal dari Jakarta.

Selain menyuguhkan tontonan menarik di atas panggung, SIPA juga menyediakan bazar yang berisi booth makanan, minuman dan merchandise yang bisa dinikmati pengunjung. Lokasi bazar berada di bagian timur dalam Benteng Vastenburg selama acara berlangsung.

Sebagai informasi, SIPA sudah berlangsung sejak 11 tahun yang lalu. Salah satu tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk mempersatukan semangat serta menjadikan energi seni pertunjukan sebagai salah satu daya hidup kota Solo.

BACA SELANJUTNYA

Bakso Solo Samrat, Rekomendasi Kuliner di Daerah Tanjung Duren Jakarta