Minggu, 15 September 2019
Dany Garjito : Senin, 09 September 2019 | 21:00 WIB

Guideku.com - Liburan ke Punthuk Setumbu, berikut kisah mengunjungi lokasi syuting AADC 2!

Bukit Punthuk Setumbu yang berada tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah, merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi Merbabu.

Namun, selain melihat matahari terbit ternyata banyak lagi yang bisa kamu lakukan di sana.

Apa aja?

Yuk seru-seruan di Punthuk Setumbu dengan melakukan 4 hal di bawah ini.

Reka adegan Rangga dan Cinta melihat sunrise

Punthuk Setumbu jadi tempat syuting film AADC 2. (Google)

Main ayunan Bikin Bak Melayang di atas Bukit

Wisatawan bermain ayunan di Punthuk Setumbu, Magelang. (Suara.com/Silfa Humairah)

Saat di ayun, pengunjung yang melihat ke arah bukit akan merasa bak melayang di atas bukit. Namun untuk pengunjung yang ingin berfoto dengan angle seperti melayang di atas bukit juga bisa tidak perlu berayun, karena ayunan itu berada hanya sekitar setengah meter dari tanah, alias rendah namun angle yang pas menghadap bukit membuatnya tampak berayun di atas bukit saat di foto.

Spot instagramable

Wisatawan di Punthuk Setumbu, Magelang. (Suara.com/Silfa Humairah)

Membidik Borobudur

Anda pun bisa membidik megahnya Candi Borobudur di pagi hari yang terkurung lautan kabut.

Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Borobudur di kala fajar disarankan untuk tiba di tempat ini sebelum pukul 05.00 WIB. Dari parkiran yang ada di kaki bukit, wisatawan harus trekking sekitar 20 menit untuk mencapai puncak dengan tangga yang sudah disediakan.

Eksotisme pemandangan ini selalu menjadi magnet yang memukau bagi para wisatawan khusus para pemburu sunrise untuk pemburu tempat instagramable. Tak heran jika Punthuk Setumbu menjadi lokasi favorit menyaksikan sunrise.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit setinggi kurang lebih 400 meter dpl yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Dulunya tempat ini merupakan ladang penduduk. Namun setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise borobudur nan epik dari tempat ini, orang-orang pun berdatangan untuk mengunjungi tempat ini guna menyaksikan sunrise. Kemudian dikelola menjadi objek wisata.

Puncak Punthuk Setumbu berupa pelataran luas yang dikelilingi pagar pembatas. Di tempat ini terdapat rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan duduk menanti mentari terbit. Meskipun perjalanan treking di pagi hari sedikit melelahkan, namun hal tersebut akan terbayar lunas saat menyaksikan pemandangan Borobudur dari angle berbeda.

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunrise dari Bukit Punthuk Setumbu wajib membayar retribusi sebesar Rp 20.000 per orang. Jadi kapan ke sana? Jangan lupa lakukan hal seru di atas saat mengunjungi  Punthuk Setumbu. 

SUARA.com/Silfa Humairah Utami