Jum'at, 29 Maret 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Selasa, 10 September 2019 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Selain terkenal sebagai aktor Hollywood, sosok Leonardo DiCaprio juga diketahui punya kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

Hal ini bisa dilihat dari akun Instagramnya, yang kerap menyoroti masalah sampah, polusi, hingga satwa liar.

Baru-baru ini, Leonardo DiCaprio pun kembali menjadi pembicaraan di kalangan warganet Indonesia.

Pasalnya, aktor berusia 44 tahun tersebut menyoroti masalah yang ada di tempat pembuangan sampah Bantar Gebang, Jakarta.

"Foto oleh Adam Dean. Pemulung mengumpulkan plastik di Bantar Gebang, Jakarta, Indonesia. Diduga sebagai tempat pembuangan sampah terbesar di dunia. Januari 2019," tulis Leonardo DiCaprio.

Unggahan itu pun lekas memancing beragam komentar dari warganet Indonesia. Banyak yang turut merasa miris dengan realita masalah sampah di Indonesia.

Meski begitu, ini bukan pertama kalinya Leonardo DiCaprio menyoroti masalah lingkungan di Indonesia. Dirangkum dari akun Instagram resminya, inilah kumpulan lokasi yang pernah disoroti aktor Hollywood tersebut.

1. Desa Cikiwul, Bantar Gebang

Deretan Lokasi di Indonesia yang Pernah Disoroti Leonardo di Caprio (instagram.com/leonardodicaprio)

Pada bulan Maret silam, Leonardo DiCaprio pernah membicarakan masalah yang ada di Desa Cikiwul. Beberapa penduduk desa tersebut menangkap ikan di air yang sudah terkontaminasi sampah dari Bantar Gebang.

"Indonesia ada di peringkat kedua sebagai penghasil sampah plastik terbesar di dunia setelah China, dengan jumlah sampah plastik 187,2 ton per tahunnya, sementara 1 juta ton mencemari lautan," ungkapnya.

2. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Deretan Lokasi di Indonesia yang Pernah Disoroti Leonardo di Caprio (instagram.com/leonardodicaprio)

Salah satu masalah yang disoroti Leonardo DiCaprio adalah menurunnya populasi orangutan Kalimantan.

"Penebangan liar dan perburuan telah mengurangi jumlah populasi orangutan Kalimantan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Indonesia."

3. Pulau Komodo

Deretan Lokasi di Indonesia yang Pernah Disoroti Leonardo di Caprio (instagram.com/leonardodicaprio)

Bukan rahasia lagi jika aktivitas pariwisata di Pulau Komodo disebut-sebut akan mengancam lingkungan dan habitat tempat tinggal komodo. Hal ini juga turut disoroti Leonardo DiCaprio dalam unggahannya bulan Agustus silam.

"Sementara pariwisata di Pulau Komodo menghasilkan banyak uang untuk salah satu daerah termiskin di Indonesia, aktivitas ini juga menghasilkan banyak sampah, gangguan oleh manusia, dan penyelundupan ilegal komodo," bebernya.

4. Desa Gajah Makmur, Sumatera Selatan

Deretan Lokasi di Indonesia yang Pernah Disoroti Leonardo di Caprio (instagram.com/leonardodicaprio)

"Desa pertanian kecil di perbukitan pulau Sumatera ini pernah menjadi saksi nyata hubungan antara manusia-gajah yang bahagia. Ketika desa Gajah Makmur didirikan tahun 1991, penduduk akan merawat gajah yang terluka hingga sehat," jelasnya.

Sayangnya, Leonardo DiCaprio lantas menambahkan bahwa hal itu tak lagi terjadi karena banyak gajah yang diusir manusia demi bisnis minyak kelapa sawit. Akibatnya, konflik antara gajah dan manusia makin kerap terjadi.

5. Taman Nasional Gunung Leuser

Deretan Lokasi di Indonesia yang Pernah Disoroti Leonardo di Caprio (instagram.com/leonardodicaprio)

Terakhir, ada TN Gunung Leuser yang pernah dikunjungi Leonardo DiCaprio pada Maret 2016 silam. Saat itu, Leonardo DiCaprio kembali menyoroti masalah habitat gajah dan orangutan yang dirusak.

Namun, baru-baru ini, Leonardo DiCaprio juga membagikan kabar bahagia seputar ditolaknya izin pembangunan bendungan Tampur di Aceh.

Hal ini dapat menyelamatkan sekitar 4.000 hektare hutan dari kerusakan lingkungan.

Leonardo DiCaprio. (instagram.com/leonardodicaprio)

Itulah kumpulan lokasi yang pernah disoroti Leonardo DiCaprio!

BACA SELANJUTNYA

Sinopsis Film 'Sehidup Semati' Dibintangi Laura Basuki, Ario Bayu Jadi Cowok Red Flag Lagi?