Kamis, 18 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Kamis, 17 Oktober 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kepulauan Seribu adalah salah satu destinasi yang banyak dicari turis untuk melepas penat dan menikmati alam.

Tak cuma pulau-pulaunya yang cantik, wilayah Kepulauan Seribu juga memiliki laut yang masih biru hingga penginapan di atas air.

Salah satu dari pulau tersebut bernama Pulau Ayer. Tak sembarangan, pulau ini dulunya merupakan destinasi favorit Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Dirangkum dari berbagai sumber, Pulau Ayer sendiri mendapat julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Pulau ini terletak sekitar 14 km dari lepas pantai Ancol.

Julukan itu diberikan karena Pulau Ayer memiliki koleksi flora yang beragam, termasuk di dalamnya pohon yang sudah berumur ratusan tahun.

Belum lagi, Pulau Ayer memiliki hamparan pasir putih yang masih bersih, deretan pohon kelapa, hingga penginapan-penginapan di atas laut.

Pulau Ayer, Kepulauan Seribu (pulauayer.com)

Keunikan Pulau Ayer lainnya adalah nilai sejarah yang ada.

Seperti disebutkan sebelumnya, Pulau Ayer adalah destinasi favorit Soekarno untuk melepas penat. Selama berada di Pulau Ayer, Soekarno biasa menginap di bungalow Cendrawasih 4.

Yang unik, bungalow ini memiliki gaya bangunan khas Papua, lho. Tak cuma bungalow Cendrawasih, bangunan-bangunan di Pulau Ayer kebanyakan punya dekorasi khas Papua.

Usut punya usut, hal ini dilakukan karena saat itu pemerintah Indonesia tengah berjuang untuk melakukan Operasi Pembebasan Irian Barat.

Selain digunakan Soekarno, ada pula mantan presiden Yugoslavia, Josip Broz Tito dan Sekretaris Jenderal PBB yang pernah diundang Soekarno untuk menginap di sini.

Pulau Ayer, Kepulauan Seribu (pulauayer.com)

Pulau Ayer sendiri akhirnya dibuka untuk turis mulai tahun 1950 silam. Hingga sekarang, pulau ini juga masih memikat turis dengan keindahannya.

Selain menikmati keindahan pulau yang ada, wisatawan juga bisa menjajal menginap di bungalow yang dipakai Soekarno dulu.

Sementara, beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sini di antaranya adalah berenang, bersepeda, memancing, jogging, voli pantai, naik kano dan jet ski, hingga banana boat.

Nah, buat travelers yang sedang berada di Jakarta dan sekitarnya, tertarik mengunjungi surga kecil favorit Soekarno tersebut?

BACA SELANJUTNYA

Mencecap Kelezatan Seporsi Soto Bangkong Semarang nan Legendaris