Senin, 29 April 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Senin, 04 November 2019 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Siapa tak tahu Raja Ampat? Destinasi di Papua ini terkenal dengan panorama pulau-pulau karang yang tampak mengapung di lautan biru, serta senantiasa menjadi favorit turis mancanegara.

Meski begitu, Raja Ampat tidak hanya bisa ditemukan di daerah timur Indonesia saja. Bagi travelers yang berada di pulau Sumatra, ada Raja Ampat mini yang dapat ditemukan di Kepulauan Riau.

Nama Raja Ampat mini tersebut adalah Ulu Kasok. Letaknya ada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Di destinasi wisata ini, wisatawan bisa melihat gugusan kepulauan yang tampak mirip dengan Raja Ampat. Jika dilihat dari atas, Ulu Kasok memang serupa dengan Raja Ampat.

Meski begitu, gugusan pulau di Ulu Kasok bukanlah pulau atau karang sungguhan. Di Ulu Kasok, wisatawan juga tidak akan menemukan pasir pantai yang putih.

Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatra (instagram.com/pwgdochi)

Pasalnya, Ulu Kasok ini berada di tengah sebuah danau. Dulunya, Ulu Kasok memang merupakan sebuah desa yang dihuni penduduk.

Namun, karena sebuah proyek PLTA di tahun 1991, penduduk desa tersebut terpaksa direlokasi. Lantas, wilayah yang ada ditenggelamkan.

Meski begitu, tidak semua bukit-bukit yang ada di sana tenggelam sepenuhnya. Puncak bukit-bukit itulah yang lantas terlihat seperti gugusan pulau, dan menjadikan Ulu Kasok mirip Raja Ampat mini.

Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Sumatra (instagram.com/chin_8777)

Selain berfoto dengan latar belakang gugusan pulau yang ditumbuhi hutan lebat, Ulu Kasok juga menawarkan atraksi wisata lain yaitu air terjun dan wisata pulau.

Meski begitu, tidak bisa dipungkiri jika wisata di Puncak Ulu Kasok sembari berfoto dengan latar belakang Raja Ampat mini menjadi favorit para turis.

Untuk mencapai puncak Ulu Kasok sendiri, travelers harus siap mendaki bukit setinggi 500 meter. Sementara bagi Anda yang tak ingin mendaki, bisa menggunakan jasa ojek yang ada di Ulu Kasok.

Biaya masuk ke kawasan Ulu Kasok sendiri terbilang murah, yaitu hanya Rp 10.000 saja dan Rp 15.000 bagi yang ingin wisata ke pulau-pulau kecil di Ulu Kasok.

Tertarik jalan-jalan ke Raja Ampat-nya Sumatra ini?

BACA SELANJUTNYA

Dijuluki Miniatur Raja Ampat, Begini Eksotisnya Pulau Labengki di Sulawesi