Senin, 29 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 22 November 2019 | 15:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pilihan karier yang paling enak adalah melakukan pekerjaan yang terkait dengan hobi dan dibayar pula. Inilah yang dialami oleh para travel blogger.

Mereka diminta oleh pihak tertentu, disponsori untuk jalan-jalan, dibiayai segala keperluannya, dan dibayar!

Tapi tentu, profesionalitas mereka pun dipertaruhkan. Selain senang jalan, travel blogger juga harus mampu menampilkan sudut pandang yang indah pada suatu kawasan lewat media foto, mampu menuliskannya dengan menarik, mampu bisa meceritakannya secara verbal, sehingga menarik orang untuk datang ke lokasi yang dipromosikan.

Tak sekadar jalan-jalan kosong, ya, sebab jika dilakukan dengan serius tapi senang, travel blogger bisa mendapat banyak uang dari kegiatannya. Ini 7 cara yang mereka lakukan untuk mendapatkan uang;

1. Jadi penulis lepas atau freelance writer

Pengalaman jalan-jalan ke suatu kawasan bisa diprensentasikan dalam bentuk tulisan, yang bisa ditawarkan kepada media traveling. Tulisan wisata akan jauh lebih menarik jika disertai dengan banyak foto pendukung, yang menampilkan susut-sudut indah pada sebuah kawasan wisata. Jika beruntung, tulisan-tulisan ini kelak bisa dikumpulkan dan dijual dalam bentuk buku.

2. Jadi fotografer freelance

Tak beda jauh dengan penulis lepas, keindahan suatu kawasan wisata juga bisa dinikmati lewat jepretan fotografer. Foto-foto terbaik bisa disajikan dalam buku dokumentasi wisata, yang biasanya berharga jual tinggi.

3. Pasang iklan

Memasang iklan adalah cara termudah untuk dapat uang dari blog. Jika blog Anda sudah punya pembaca setia dan trafik yang banyak, maka Anda tingga membuat konten berkualitas. Ini mengundang uang masuk ke rekening secara berkala.

Anda bisa mendaftarkan diri berikut blog yang dimiliki untuk bergabung dengan layanan iklan. Salah satu layanan iklan yang sangat populer adalah Google Adsense. Selain itu, ada juga BuySellAds, Amazon Associates, Bidvertiser, Viglinks, dan sebagainya.

4. Kerja sama dengan produk tertentu

Ketika blog sudah cukup ramai dan punya reputasi bagus, biasanya akan banyak perusahaan yang menawarkan kerja sama. Jika dikaitkan dengan konsep travel blogger, produk yang dimaksud bisa dalam bentuk tempat penginapan, restoran, dan tempat wisata. Biasanya mereka akan mengundang blogger untuk me-review atau menuliskan pengalaman berkunjungnya.

5. Jalan-jalan sambil dibayar

Jika Anda konsisten dan selalu memberikan kualitas konten yang terbaik, pasti kerja sama besar akan menghampiri. Di kesempatan inilah Anda akan merasakan enaknya jalan-jalan sambil dibayar.

6. Jadi narasumber sebuah acara

Sama enaknya dengan saat jalan-jalan itu sendiri, Anda pasti akan sering diundang untuk bercerita soal kawasa wisata terntentu. Ini artinya, menceritakan kisah dan pengalaman menarik Anda, serta dapat uang jajan.

7. Monetasi Video YouTube

Ketika sudah lebih percaya diri, Anda bisa langsung bercerita tentang keindahan wisata melalui YouTube. Cara ini membuat Anda lebih cepat terkenal dan lebih cepat mendapatkan respons penonton.

Menurut penelitian, jika segmen blog Anda di rentang usia 17-35 tahun, maka YouTube jadi platform yang tepat untuk menguji coba konten. Sebanyak 75 persen pengguna YouTube adalah orang-orang dengan rentang usia 17-35 tahun.

Secara teknis, ada manfaat lain dari membuat konten YouTube dan memonetasinya. Jika Anda menaruh video itu di blog, maka session atau waktu berkunjung di blog akan semakin panjang. Ini terjadi karena pengunjung juga menonton video dan ini akan mendongkrak reputasi blog.

Semakin lama waktu yang dihabiskan dalam sebuah blog, maka semakin relevan dan penting konten itu bagi Google.

So, itu tadi 7 cara tips dapetin uang ala travel blogger. Jika Anda ingin membuat website dari awal, sebaiknya siapkan domain dan hosting. Domain murah Niagahoster dan web hosting murah terbaik dari Niagahoster akan membantu Anda untuk sukses secara online.

Buat Anda, mana dari ke-7 cara ini yang akan digunakan?

Silakan pilih sesuai selera. Menulis dan fotografi mungkin bisa dimulai di awal karier, setelah itu bisa pakai cara lain yang mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi Anda.

BACA SELANJUTNYA

7 Tips Traveling Saat Musim Hujan, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?