Kamis, 02 Mei 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Kamis, 28 November 2019 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Pernah mendengar salah satu objek wisata alam dengan panora memikat di Kalimantan Selatan? Jika belum, mari kami ajak Anda menilik Gua Batu Hapu.

Terbuat dari proses alami, Gua Batu Hapu ini tampak indah dengan stalagmit dan stalagtit di bagian dalamnya. Tak sedikit wisatawan yang rela datang jauh-jauh untuk melihat langsung keelokan Gua Batu Hapu ini.

Usut punya usut ternyata di balik megahnya Gua Batu Hapu ini terdapat sebuah kisah serupa Malin Kundang yang dipercayai oleh penduduk sekitar.

Zaman dahulu, konon katanya Gua Batu Hapu ini terbentuk dari pecahan kapal milik anak durhaka bernama Anggui. Dirinya dikutuk oleh sang ibu usai sukses merantau dan menikahi putri raja kemudian tak mau mengakui sang ibu kandung saat kembali ke kampung lamannya.

Gua Batu Hapu di Kalimantan Selatan. (Instagram/@dilaelva)

Lantas sang ibu yang marah, kemudian mengutuk putranya menjadi Gua Batu Hapu. Di luar mitos legendari tersebut, Gua Batu Hapu memiliki panorama alam yang istimewa dan sayang sekali jika dieatkan.

Kendati sedikit gelap di awal perjalanan, namun Anda dijamin takjub saat memasuki bagian dalam Gua Batu Hapu ini.

Gua Batu Hapu di Kalimantan Selatan. (Instagram/@izalfahrri)

Gua Batu Hapu berlokasi kurang lebih 43 kilometer dari Kota Rantau. Jika Anda berada di Banjarmasin, travelers dapat menempuh perjalanan dengan jarak 154 kilometer untuk mencapai Gua Batu Hapu ini.

Gua Batu Hapu di Kalimantan Selatan. (Instagram/@raja_lazuardi)

Wisatawan tak perlu khawatir, karena tempat parkir, hingga toilet umum tersedia tak jauh dari objek wisata alam ini. Sangat disarankan wisatawan membawa bekal makanan karena belum adanya warung makan di dekat Gua Batu Hapu ini.

Tetap ingat, untuk selalu menjaga kebersihan di Gua Batu Hapu ini dan jangan melakukan vandalisme ya! Jadi bagaimana? Sudah siap untuk menjelajah Gua Batu Hapu di Kalimantan Selatan ini travelers?

BACA SELANJUTNYA

Pesona Bawah Laut Teluk Tamiang di Kalimantan Selatan