Sabtu, 20 April 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Jum'at, 29 November 2019 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Hari masih pagi, kala itu saya tertarik untuk menjelajahi sejumlah destinasi wisata di Yogyakarta. Karena cuaca pagi itu sedikit mendung, saya memutuskan untuk pergi ke sebuah tempat bersejarah yang letaknya tak terlalu jauh dari jantung Kota Yogyakarta. 

Akhirnya saya tiba di Situs Warungboto yang konon katanya kini banyak dikunjungi oleh generasi milenial. Lalu sebenarnya adakah yang istimewa dari bangunan ini?

Berlokasi di Jalan Veteran nomor 77, Umbulharjo, usut punya usut rupanya situs ini sejatinya dahulu merupakan sebuah pesanggrahan.

Ketika membaca di papan informasi, Situs Warungboto ini dulunya merupakan petilasan dan dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I.

Situs Warungboto di Yogyakarta. (Guideku/Arendya)

Kemudian, pembangunan Situs Warungboto ini berlanjut ketika pemerintahan Sultan Hamengkubuwono II.

Sebelum mengalami renovasi, wisata bersejarah ini dulunya hanya puing bangunan dan reruntuhan yang kurang mendapatkan perhatian.

Ternyata Situs Warungboto ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaaan yang dibangun oleh Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Di dalam Situs Warungboto ini terdapat segaran, taman, kolam dan kebun yang dahulu sengaja dibuat untuk menciptakan kenyamanan serta ketenangan bagi keliarga kerajaan.

Ruang lorong, pintu dan jendela di Situs Warungboto ini begitu artistik dan menarik. Tak heran banyak wisatawan khususnya generasi milenial berbondong-bondong datang ke Situs Warungboto untuk berfoto.

Situs Warungboto di Yogyakarta. (Guideku/Arendya)

Jika Anda berkunjung ke Situs Warungboto, alangkah baiknya untuk menjaga sopan santun dan kebersihan.

Untuk menikmati indah dan megahnya Situs Warungboto ini, Anda belum akan dikenai biaya masuk karena masih dikelola oleh warga masyarakat yang tinggal di area objek wisata bersejarah tersebut.

Namun, bagi Anda yang membawa mobil akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 10 ribu dan motor Rp 3.000. Bagaimana, Anda tertarik untuk menyambangi Situs Warungboto ini?

BACA SELANJUTNYA

3 Tempat Wisata Populer di Bandung Cocok untuk Libur Akhir Tahun