Senin, 06 Mei 2024
Dany Garjito | Arendya Nariswari : Selasa, 07 Januari 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Belum lama ini publik digegerkan dengan cuplikan video yang memperlihatkan roda pesawat mendadak lepas saat take off. Setelah diselidiki, rupanya kejadian tersebut menimpa pesawat milik Air Canada Express.

Video ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @caf_tom, yang mana dirinya merupakan penumpang pesawat Air Canada  dari Montreal menuju Saguenay, Quebec pada waktu itu.

Dilansir Guideku.com dari laman Fox News, Senin (6/1/2020), akibat kejadian menegangkan tersebut, pesawat dipaksa untuk berbalik dan melakukan pendaratan darurat kembali di Montreal.

Terlihat jelas dalam video yang diunggah melalui Twitter, saat hendak take off roda pesawat sudah terlihat mengeluarkan percikan api pada bagian tengah.

"Nah, sekarang saya naik pesawat yang baru saja kehilangan kemudi.. 2020 dimulai dengan cukup baik," tulis akun @caf_tom.

Tak disangka, saat pesawat mulai mengudara, roda tersebut lepas dan jauh di landasan.

Beruntung, akhirnya pesawat Dash 8-300 milik Air Canada tersebut berhasil mendarat dengan selamat.

Ngeri, Viral Video Roda Pesawat Mendadak Lepas Sesudah Take Off. (Twitter/@caf_tom)

Diketahui pesawat Air Canada kala itu membawa 49 penumpang dan tiga awak kabin ketika kejadian berlangsung. Untungnya tidak ada penumpang atau awak kabin yang mengalami cedera akibat kejadian roda pesawat lepas itu.

Kepada Fox News, juru bicara Jazz Aviation LP juga mengatakan bahwa pesawat sedang diperiksa oleh personel pemeliharaan di bandara Montreal.

Ngeri, Viral Video Roda Pesawat Mendadak Lepas Sesudah Take Off. (Twitter/@caf_tom)

"Personel pemeliharaan kami di Montreal tengah melakukan pemeriksaan keseluruhan kepada pesawat demi mengetahui penyebabnya (roda pesawat yang lepas) dan melanjutkan perbaikan yang diperlukan," tutur juru bicara Jazz Aviation LP.

Juru bicara maskapai tersebut juga menerangkan bahwa mereka kembali ke bandara asal demi keselamatan penumpang.

Bukan kali pertama, rupanya peristiwa menegangkan ini pernah dialami oleh maskapai Air Canada.

Pada bulan November lalu, maskapai Air Canada sempat diberitakan terpaksa melakukan pendaratan darurat di Dublin, Irlandia karena kaca bagian depan pesawat beoing 787 milik mereka mengalami retak saat penerbangan berlangsung.

BACA SELANJUTNYA

Penting, Ini Alasan Kursi Ditegakkan Saat Pesawat Take Off dan Landing