Minggu, 05 Mei 2024
Angga Roni Priambodo | Amertiya Saraswati : Minggu, 19 Januari 2020 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Machu Picchu, situs reruntuhan peninggalan suku Inca yang terletak di Peru, Amerika Selatan sudah lama memperketat aturan bagi para turis yang hendak berkunjung.

Sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia UNESCO, tak heran jika otoritas setempat berusaha untuk melindungi reruntuhan di Pegunungan Andes tersebut dari kerusakan dan overtourism.

Meski begitu, baru-baru ini pihak berwenang menangkap 6 turis yang melakukan ulah jorok berupa buang air sembarangan di Machu Picchu.

Bagaimana tidak, keenam turis tersebut ditangkap karena telah buang air besar (BAB) sembarangan saat berada di area reruntuhan.

Melansir dari laman CNN Travel, keenam turis tersebut terdiri dari empat orang laki-laki dan dua perempuan. Saat itu, mereka tengah memasuki area Kuil Matahari yang dibangun suku Inca untuk melakukan upacara ritual.

Situs Machu Picchu (Pixabay/jorgecandia)

Keenam turis tersebut lantas diketahui melakukan aksi yang merusak dinding di area situs. Selain itu, kotoran feses mereka juga ditemukan di dalam kuil.

Menurut Darwin Baca Leon, walikota distrik Machupicchu, keenam turis tersebut langsung ditangkap karena telah "menyerang" peninggalan budaya.

Dikabarkan pula, 6 turis tadi berasal dari empat kewarganegaraan berbeda yaitu Argentina, Brasil, Chile, dan Perancis. Sementara, umur mereka berada dalam rentang 20-32 tahun.

Ini bukan pertama kalinya ulah buruk turis terjadi di situs Machu Picchu yang dibangun sejak abad ke-15 silam.

Pada tahun 2014 lalu, aksi turis berfoto telanjang di Machu Picchu sempat menjadi tren.

BACA SELANJUTNYA

Menengok Yungay, Kota Kecil yang Jadi Kuburan Massal di Peru