Rabu, 01 Mei 2024
Dany Garjito | Amertiya Saraswati : Kamis, 23 Januari 2020 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Daerah Kampung Ketandan sudah lama dikenal sebagai sentra pecinan sekaligus peranakan Tionghoa di Yogyakarta.

Setelah sempat viral di media sosial, Kampung Ketandan pun makin ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berfoto.

Meski begitu, Kampung Ketandan ternyata juga kaya akan peninggalan sejarah bangsa. Salah satunya adalah rumah milik Kapitan Tan Jin Sing, seorang keturunan Tionghoa yang dulu diangkat menjadi bupati oleh Sri Sultan Hamengkubuwono III.

Bertempat di Jl. Ketandan Lor, bangunan rumah ini memang masih belum banyak dikenal turis. Terlebih, kini rumah itu tengah direstorasi.

Rencananya, rumah Tan Jin Sing yang kini telah dibeli Pemda Yogyakarta tersebut akan dijadikan museum yang membahas sejarah peranakan.

Travelers penasaran seperti apa penampakan rumah sang kapitan yang dikenal legendaris ini? Berikut Guideku.com berikan bocoran beberapa fotonya.

1. Inilah tampak depan rumah Tan Jin Sing yang berlokasi di Jalan Ketandan Lor. Dari depan pun, sudah terlihat jika rumah ini memadukan arsitektur Jawa, Eropa, dan Tionghoa.

Rumah Tan Jin Sing, Kampung Ketandan, Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)

2. Bagian dalam rumah Tan Jin Sing kini tengah direstorasi. Di sini, travelers bisa menemukan ruangan-ruangan pernah digunakan Tan Jin Sing.

Rumah Tan Jin Sing, Ketandan, Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)

3. Rumah Tan Jin Sing sendiri sebenarnya memiliki luas 1 hektare dan mencakup area dari perempatan Ketandan hingga Jalan Ahmad Yani. Namun, yang tersisa sekarang hanyalah sub bagian rumah di Ketandan.

Rumah Tan Jin Sing, Ketandan, Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)

4. Masuk ke dalam rumah, travelers juga bisa menemukan teras yang menghadap ke halaman belakang rumah. Di sana, masih ada bangunan lainnya beserta sumur.

Rumah Tan Jin Sing, Ketandan, Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)

5. Walau proses restorasi belum selesai, beberapa sudut rumah Tan Jin Sing sudah terlihat kembali seperti masa kejayaannya dulu. Jadi tidak sabar melihat rumah ini resmi dibuka untuk umum, ya!

Rumah Tan Jin Sing, Ketandan, Yogyakarta (Guideku.com/Amertiya)

BACA SELANJUTNYA

Catat! 5 Provinsi Ini Bakal Ramai Pemudik saat Liburan Idul Fitri