Minggu, 28 April 2024
Dany Garjito | Fitri Asta Pramesti : Minggu, 26 Januari 2020 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Mantan asisten Susi Pudjiastuti, Fika Fawzia diketahui tengah menikmati liburan Tahun Baru Imlek dengan berlibur ke negara Sri Lanka.

Menengok akun instagram pribadi Fika (@ffawzia07), nampak perempuan yang kini bekerja di Singapura itu berkunjung ke salah satu destinasi wisata Sri Lanka yakni sebuah benteng bernama Sigiriya.

"Waktu liburan tahu baru Cina ini saya gunakan untuk menjelajah Sri Lanka, sekaligus menghadiri pernikahan kolega saya di Kolombo," tulisnya sebagai mana dikutip Guideku.com, Minggu (26/1).

Dalam postingan itu, nampak Fika berkeliling sebuah bukit berbatu yang telah dibangun layaknya istana batu kuno lengkap dengan saluran air.

Untuk mencapai puncak benteng, Fika harus naik ratusan anak tangga yang menjulang tinggi.

Fika Fawzia Berkunjung ke Sigiriya. (Instagram.com/ffawzia07)

Tak hanya membagikan momen ketika ia menelusuri Sirigiya, lewat kolom caption, Fika juga menyematkan cerita menarik di balik tempat wisata yang termasuk obyek situs warisan dunia UNESCO ini.

Menurut Fika, Sigiriya dulunya merupakan sebuah benteng yang mengelilingi ibu kota kerajaan yang baru dipindahkan oleh Raja Kashyapa I dari lokasi lama yakni Anuradhapura pada abad ke-5.

Pemindahan bertujuan guna menghindarkan ibu kota dari serangan Raja Monggallana yang merupakan pewaris sah kerajaan Sri Lanka.

Fika Fawzia Berkunjung ke Sigiriya. (Instagram.com/ffawzia07)

Tak hanya benteng, sang raja juga membangun sistem irigasi dan perairan di Sigiriya yang mana baik sistem irigasi maupun perairannya masih bisa digunakan hingga saat ini.

Melihat hal ini, ia pun mengaitkan dengan fenomena banjir Jakarta yang tidak kunjung beres dari tahun ke tahun.

Ia menyebut, pemindahan ibu kota adalah solusi terbaik atas permasalahan banjir Jakarta yang tidak pernah ada habisnya.

Fika Fawzia, Mantan Asisten Susi Pudjiastuti. (instagram.com/ffawzia07)

"Mungkin, masuk akal untuk situasi di Indonesia ketimbang menata air banjir, air laut, atau air mata dan menata kata pada akhirnya lebih baik memindahkan ibu kota dari Jakarta," tandas Fika di akhir captionnya.

Apakah kalian setuju tidak dengan usulan Fika Fawzia?

BACA SELANJUTNYA

Usai Teror Bom Paskah, Industri Pariwisata di Sri Lanka Lesu