Jum'at, 29 Maret 2024
Yasinta Rahmawati | Fitri Asta Pramesti : Senin, 03 Februari 2020 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Mewabahnya virus corona membuat warga negara China harus mengalami perilaku tak menyenangkan dari berbagai pihak.

Dilansir Guideku.com dari laman Daily Mail, Senin (3/2/2020), warga China disebutkan mendapatkan penolakan dari pihak restoran dan hotel akibat dari adanya virus yang berasal dari Wuhan, China.

Sejumlah restoran dan hotel di negara-negara seperti Korea Selatan, Hong Kong, hingga Vietnam, membuat kebijakan untuk menolak pengunjung yang berasal dari China.

Korea Selatan

Disebutkan, sebuah restoran seafood terkenal asal Korea Selatan, sempat memasang pengumuman berupa 'Warga China Dilarang Masuk' beberapa waktu lalu.

Namun pengumuman itu buru-buru dicopot setelah restoran ini menerima kritik dan kecaman dari netizen di media sosial.

Tak hanya itu, lebih dari 650 ribu warga Korea Selatan bahkan telah menandatangani petisi online yang diajukan ke Blue House terkait larangan sementara kedatangan turis China.

Ilustrasi pakai masker. (Pexels/Sunyu Kim)

Hong Kong

Menyusul Korea Selatan, sebuah restoran ramen di Hong Kong yang bernama Tenno Ramen melalui laman Facebook mengumumkan bahwa restorannya menolak turis China dengan alasan keselamatan.

"Kami ingin hidup lebih lama. Kami ingin memastikan keselamatan konsumen yang merupakan warga lokal. Mohon pengertiannya," tulis Tenno Ramen seperti dikutip melalui Daily Mail.

Jepang

Negeri sakura ini pun tak ketinggalan melakukan penolakan terhadap turis China. Beberapa di antaranya yakni, toko permen di Hakone dan Menya Hareruya ramen di Hokkaido yang kompak mencatumkan pengumuman 'Orang China dilarang masuk ke dalam toko'.

Indonesia

Masih segar di ingatan, beberapa waktu lalu beberapa warga Indonesia sempat menolak kedatangan turis China yang akan berkunjung ke daerah Bukittingi.

Protes dilayangkan kepada 170 wisatawan asal China dengan memblokir jalan dekat hotel Novotel, guna mencegah para turis China ini keluar dari hotel.

Malaysia

Senada dengan Korea Selatan, Malaysia melakukan aksi penolakan wisatawan asal China melalui penandatanganan petisi.

Disebutkan lebih dari 400 ribu warga Malaysia telah mendatangani petisi secara online dengan membawa tuntutan yang ditujukan kepada pemerintahan Malaysia untuk menolak turis China demi keselamatan keluarga dan anak.

Vietnam

Berikutnya ada negara Vietnam yang turut merespon wabah virus corona dengan melakuan penolakan wisatawan asal China.

Sebuah hotel serta salah satu pantai yang populer di daerah Danang disebutkan tengah menolak kedatangan turis yang berasal dari China.

Jadi bagaimana, apakah beberapa aksi penolakan terhadap wisatawan asal China ini merupakan cara yang tepat untuk membatasi perserbaran virus corona? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

BACA SELANJUTNYA

Singapura Ubah Bus Lama Jadi Hotel Mewah, Opsi Menginap Unik di Liburan Akhir Tahun