Sabtu, 20 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari : Minggu, 09 Februari 2020 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Beruntungnya Indonesia dianugerahi kekayaan alam luar biasa. Saking banyaknya, terkadang kita jarang mengetahui jika sejumlah tempat di Indonesia ini punya nama cukup unik. Sebut saja sejumlah dusun seperti Sukamiskin, Kasihan, Kandangsapi hingga Ciumbuleit.

Bahkan bisa dibilang nama daerah Ciumbuleit di Jawa Barat ini sering membuat siapa saja yang hendak menyebutnya kebingungan.

"Nama tempat di Indonesia sering kali lucu ya, Sukamiskin, Kasihan, Kandangsapi. Sebetulnya wajar kan kalau gue sempet ngira Ciumbuleit adalah Ciumbelut," tulis akun Twitter @Gustika dikutip Guideku.com, Minggu (9/2/2020).

Agar lebih mudah diucapkan, tak jarang orang-orang memanggil kawasan Ciumbuleit dengan sebutan Punclut yang merupakan singkatan dari Puncak Ciumbuleit.

Kawasan Ciumbuleit ini sendiri berlokasi di sebelah utara Kota Bandung dan dikenal memiliki segudang destinasi wisata menarik.

Seorang netizen dengan akun Twitter @uxi_obi juga menambahwan bahwa terdapat asal usul di balik nama kawasan Ciumbuleit yang terbilang unik ini.

Sering bikin lidah keseleo, ini asal usul daerah Ciumbuleit di Jawa Barat. (Twitter/@gustika)

Jika diterjemahkan secara bahasa, Ciumbuleit ini berasal dari tiga kata yakni 'ci' yang artinya air, kemudian 'umbul' bermakna pangkat kepala daerah, dan 'leuit' yang berarti lumbung padi.

Wisatawan yang hendak menikmati liburan ke wilayah Lembang biasanya akan melewati kawasan Ciumbuleit ini.

Kawasan Punclut atau Ciumbuleit ini juga punya destinasi wisata menarik dan Instagramable yang dapat Anda sambangi bersama keluarga. Beberapa di antaranya ada D'Dieuland, Lereng Anteng, Dago Bakery hingga Tafso Barn.

Dago Bakery, salah satu destinasi wisata di Punclu atau Ciumbuleit. (Instagram/@dagobakerypunclut)

Ciumbuleit tak sendirian, sebenarnya masih banyak tempat di Indonesia yang memiliki nama unik, mulai dari Dusun Setan, Desa Siluman, Desa Pocong hingga Dusun Koplak.

Wah, kira-kira tempat dengan nama unik di Indonesia tadi juga punya destinasi wisata menarik seperti halnya Ciumbuleit nggak, ya?

BACA SELANJUTNYA

4 Tempat Wisata Alam di Bandung Udaranya Sejuk, Cocok untuk Healing Saat Liburan Tahun Baru