Kamis, 25 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa : Kamis, 13 Februari 2020 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Masa mudik Lebaran mungkin memang masih terbilang. Meski begitu, tiket kereta api untuk angkuran Lebaran sudah bisa mulai dibeli dalam waktu dekat. 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjual tiket kereta api Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H mulai H-90 sebelum keberangkatan di web KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh saluran penjualan resmi KAI lainnya mulai 14 Februari 2020 besok.

"Tiket KA Reguler masa Angkutan Lebaran 1441 H akan dijual mulai 14 Februari 2020 pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020 dan seterusnya," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keteranganya di Jakarta, Rabu (12/2/2020) kemarin.

Edi mengingatkan agar para calon penumpang untuk lebih teliti dalam memasukkan tanggal, rute, maupun data diri penumpang saat melakukan pemesanan.

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan ke stasiun, jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa berangkat mudik Lebaran," kata dia.

Sebagai langkah antisipasi meningkatnya jumlah pengunjung saluran penjualan tiket, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket serta menambah kapasitas peladen (server) dan kapasitas (bandwidth) sebanyak dua kali lipat dibanding hari biasa.

Ilustrasi kereta api. (Unsplash/Mike Kotsch)

Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh saluran bisa berjalan dengan lancar.

"Pastikan pemesanan tiket Lebaran melalui saluran resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar," ujar Edi.

"Lalu, saat akan memesan tiket Lebaran, pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala," lanjut dia.

Untuk periode H-10 dan tanggal keberangkatan 14 Mei 2020, pemesanan tiket kereta api reguler angkutan Lebaran penjualannya mulai dibuka Jumat (14/2/2020).

Sementara itu, untuk Hari H Lebaran pertama dan kedua pada 24 dan 25 Mei 2020, jadwal pembelian adalah pada 24 - 25 Februari 2020 dan seterusnya. (*Rizki Nurmansyah)

BACA SELANJUTNYA

Bikin Terenyuh Publik, Demi Anak Ibu Ini Rela Tidur di Lantai Kereta Api