Kamis, 02 Mei 2024
Dany Garjito | Fitri Asta Pramesti : Minggu, 16 Februari 2020 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Lombok terkenal dengan beragam destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Setidaknya, sekali seumur hidup.

Tak melulu deretan pantai yang cantiknya kelewatan, Lombok juga punya destinasi lain yang menarik untuk disambangi. Apalagi kalau bukan Bukit Merese.

Bukit Merese merupakan sebuah bukit yang terletak di kawasan Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah.

Merese atau yang biasa disebut Merisik oleh warga lokal, memiliki arti gundul. Seperti julukannya, sejauh mata memandang hanya ada rumput yang menutupi badan bukit.

Memang ada satu pohon yang tumbuh. Namun, pohon itu tak memiliki daun. Hanya batang dan ranting, persis seperti pohon kala musim gugur.

Bukit Merese. (Guideku.com/Asta Pramesti)

Tak perlu membayangkan pusingnya mendaki bukit yang satu ini. Sebab, Bukit Merese termasuk bukit yang mudah untuk di daki, tidak terlalu tinggi, namun siap membuat siapapun terpesona tatkala melihat pemandangan yang nampak dari atas bukit.

Dari atas bukit, akan terhampar lanskap Tanjung Aan dan laut Lombok Tengah bagian selatan dengan airnya yang biru ditambah debur ombak yang bakal membuat rileks pikiran.

Untuk mencapai puncak, hanya dibutuhkan hitungan menit dari pintu masuk Pantai Tanjung Aan. Trek tanjakan Bukit Merese pun tidak sulit. Tidak berkelok-kelok, pokoknya tinggal lurus saja.

Mendaki Bukit Merese. (instagram.com/jamilah.wae)

Sedangkan untuk bisa sampai di kawasan Bukit Merese, dibutuhkan setidaknya satu jam dari Bandara Internasional Lombok dan dua jam dari Kota Mataram.

Bagi yang tertarik untuk melihat lebih dekat cakrawala Lombok Tengah, waktu yang disarankan untuk mendaki ke Bukit Merese adalah kala pagi dan sore, di mana langit sedang cantik-cantiknya.

Mendaki Bukit Merese. (Guideku.com/Asta Pramesti)

Sedikit tips sebelum menanjak, siapkan air putih, kamera dan jangan lupa buang sampah di tempat sampah, ya!

Bukit Merese

Jl. Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

BACA SELANJUTNYA

10 Tempat Wisata Cianjur, Libur Lebaran Jadi Semakin Seru