Sabtu, 20 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati : Rabu, 19 Februari 2020 | 16:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Ada begitu banyak bangunan peninggalan sejarah yang bisa ditemukan di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Salah satunya adalah bangunan bersejarah dalam bentuk candi.

Nah, bagi Anda yang tak ingin terlalu lelah berkeliling kompleks candi atau naik-turun tangga, Jogja juga punya kompleks candi mungil nan asri.

Terletak di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Candi Sambisari ini dikenal karena letaknya yang lebih rendah dari permukaan tanah sekitar.

Selain itu, wilayah di sekeliling candi ini juga tergolong asri sehingga cocok digunakan untuk jalan-jalan, bersantai, hingga berburu foto instagenic.

Bagi travelers yang tertarik untuk berkunjung ke Candi Sambisari, berikut sederet fasilitas yang bisa travelers temukan di sana.

Candi Sambisari (Guideku.com/Amertiya)

1. Parkir mobil dan motor

Tepat sebelum masuk ke kompleks Candi Sambisari, travelers bisa menemukan area parkir mobil dan motor yang dikelola oleh warga sekitar.

Dari area parkir ini, traveler tinggal berjalan kaki menuju Candi Sambisari yang tepat berada di seberangnya.

2. Toilet dan mushola

Area Candi Sambisari juga sudah dilengkapi toilet dan mushola yang tergolong bersih.

Toilet dan mushola di Candi Sambisari ini bisa ditemukan di sisi barat candi. Selain itu, travelers juga bisa menemukan pusat informasi di dekatnya.

Candi Sambisari (Guideku.com/Amertiya)

3. Gazebo dan tempat duduk

Lelah berjalan-jalan dan berfoto di sekitar candi? Tak perlu khawatir, travelers bisa menemukan beberapa gazebo sekaligus tempat duduk yang ada di sekitar taman candi.

Sembari melepas penat, travelers juga bisa menikmati suasana alam sekitar yang masih hijau di sini.

4. Warung makan

Di sekitar Candi Sambisari, travelers juga bisa menemukan banyak toko hingga warung makan yang menyajikan aneka kuliner.

Jadi, tak cuma jalan-jalan, travelers juga bisa langsung sarapan atau santap siang selepas dari Candi Sambisari.

BACA SELANJUTNYA

Mengenal Resep Autentik Sate Klatak Yogyakarta