Jum'at, 03 Juli 2020
Silfa Humairah : Rabu, 08 April 2020 | 15:45 WIB

Guideku.com - Di berbagai negara. ada berbagai macam ritual kedewasaan di dunia ini, mulai dari yang berupa pesta ulang tahun, liburan nasional yang ditetapkan pemerintah, hingga tradisi Bar Mitzvah.

Namun, dibandingkan dengan semua itu, ritual kedewasaan bagi lelaki di Mostar, Republik Bosnia ini pasti akan terdengar ekstrem.

Di sana, lelaki dianggap sudah berusia dewasa saat mereka menginjak umur 16 tahun. Pada saat itulah, para lelaki diharuskan untuk melompat dari jembatan Stari Most ke dalam sungai Neretva yang berada di bawahnya.

Yang bikin merinding, jembatan ini nggak main-main tingginya. Yup, jembatan Stari Most ini memiliki ketinggian 24 meter dan kecepatanmu saat jatuh turun ke bawah sana bisa mencapai 80km/jam, lho!

Meski berbahaya, warga lokal tetap percaya jika hidup seorang lelaki akan gagal jika dia tidak berani melompat dari jembatan ini. Lelaki tersebut dipercaya akan jomblo selamanya dan tak mendapat pekerjaan.

Ritual Kedewasaan Bagi Lelaki di Mostar (Pixabay/921creatives)

 

Namun, yang lebih unik lagi, tradisi melompat dari jembatan Stari Most ini rupanya juga dibuka bagi wisatawan dan turis yang ingin mencoba mengetes keberanian.

Saking istimewanya ritual kedewasaan bagi lelaki di Mostar ini, mereka bahkan sampai membuat sebuah buku yang berisikan daftar nama-nama orang yang pernah meloncat.

Bagi mereka, keberanian yang ditunjukkan oleh para turis merupakan sesuatu yang patut diapresiasi dan dikenang selamanya. Turis-turis pemberani ini bahkan memperoleh sertifikat.

Turis-turis yang tertarik ini nantinya akan mendapat pelatihan lebih dulu dari Mostari Diving Club. Perkumpulan yang satu ini memang dibentuk untuk melakukan pertunjukan melompat ke sungai bagi turis dan mengajari turis yang cukup nekat.

Ritual Kedewasaan Bagi Lelaki di Mostar (Pixabay/croatiatipscom)

Hanya saja, meski ini bisa membuatmu tampak seribu kali lipat keren, jangan lupa bahwa kegiatan ini tetap mengandung risiko ya, guys!

Konon, ada empat orang yang pernah tewas karena melakukan ritual ini, sementara beberapa lainnya mengalami luka seperti patah tulang.

Tidak cuma itu, turis pun harus membayar selama 25 euro atau sekitar Rp 436.000 untuk mencoba melompat dari sini. Wow banget kan harganya?

Jadi, sebelum kamu menantang dirimu untuk coba-coba ritual kedewasaan bagi lelaki di Mostar ini, pastikan kamu benar-benar siap dan tahu tekniknya, ya! Jangan sampai asal melompat, apalagi mencelakakan diri sendiri, travelers! (Amertiya Saraswati)

BACA SELANJUTNYA

Bersiap Buka Tempat Wisata, Yogyakarta Siap Sambut Era New Normal