Jum'at, 26 April 2024
Silfa Humairah | Arendya Nariswari : Selasa, 05 Mei 2020 | 12:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Wisata Menarik di Kabupaten Ngawi, Tempat Mendiang Didi Kempot Berasal.

Penyanyi legendaris Didi Kempot meninggal dunia pada hari ini, Selasa (5/5/2020). Kabar duka tersebut menyelimuti belantika musik Tanah Air. 

Pria asal Ngawi, Jawa Tengah tersebut diberitakan meninggal dunia di usianya yang ke 53 tahun. Didi Kempot meninggal dunia usai sempat dibawa ke Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah.

Terlepas dari berita duka meninggalnya Didi Kempot, pria yang dijuluki Godfather of Broken Heart tersebut diketahui hidup sejak kecil di Desa Sidolaju, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi.

Berlokasi di antara dua provinsi yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah, rupanya Ngawi menyimpan segudang keunikan dan menarik untuk disimak.

Lalu, apa saja ciri khas dari Kabupaten Ngawi? Berikut Suara.com rangkum selengkapnya di bawah ini.

1. Populer dengan wisata bersejarah Benteng Pendhem

Jika berkunjung ke Ngawi, alangkah sebaiknya travelers mampir sejenak untuk menilik keelokan dari bangunan Benteng Pendhem ini.

Usut punya usut, benteng dengan nama asli Van den Bosch ini merupakan bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda.

4 Fakta Tentang Kabupaten Ngawi, Tempat Mendiang Didi Kempot Berasal. (Instagram/@agisthanurhita)

Nama Benteng Pendhem sendiri tercetus karena bangunannya yang memang sengaja dibuat lebih rendah dari tanah sekitar.

2. Banyak ditemukan manusia purba

Kabupaten Ngawi juga dikenal dengan banyaknya temuan fosil manusia purba, tepatnya di wilayah Trinil dan juga Sangiran. Kini seiring berjalannya waktu, kawasan tersebut telah difasilitasi dengan adanya Museum Trinil untuk menyimpan koleksi fosil serta manusia purba dan replika benda bersejarah lainnya.

4 Fakta Tentang Kabupaten Ngawi, Tempat Mendiang Didi Kempot Berasal. (Instagram/@widjajasammy)

3. Populer dengan oleh-oleh tempe kripiknya yang khas

Ya, bicara soal oleh-oleh, Kabupaten Ngawi memiliki ciri khas sajian keripik tempe yang cocok dijadikan sebagai camilan.

Keripik tempe khas Ngawi ini tak sulit untuk ditemukan. Untuk membawanya pulang ke daerah asal, travelers cukup membelinya di sejumlah pusat oleh-oleh Ngawi.

4. Gerbang menuju Jawa Timur

Lokasinya Kabupaten Ngawi memang berada di antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jadi, tak heran kalau Ngawi kerap dijuluki pula dengan gerbang masuk menuju Jawa Timur.

Arus lalu lintas di Ngawi juga terbilang selalu ramai, karena kerap dijadikan jalan utama yang dilalui oleh kendaraan seperti bis dan juga truk besar.

Nah, itu tadi fakta menarik dari Kabupaten Ngawi yang menjadi saksi kehidupan Didi Kempot sedari kecil. Selamat jalan, Didi Kempot! Terima kasih sudah mewarnai belantika musik Tanah Air dengan karya-karyanya yang begitu luar biasa.

BACA SELANJUTNYA

Resep Tepo Kecap, Kuliner Khas Ngawi Tempat Kelahiran Didi Kempot