Jum'at, 29 Maret 2024
Silfa Humairah : Selasa, 19 Mei 2020 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - 3 Daya Tarik Masjid terinspirasi dari Ka'bah di Indonesia, Adem Lihatnya.

Jelang Ramadan penutupan, wisata religi bisa menjadi pilihan aktivitas untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Jelang Idul Fitri ini pun tidak sedikit yang merindukan tanah suci, Mekkah dan melihat Ka'bah dalam kehangatan perayaan Idul Fitri, minimal dalam layar kaca.

Bicara soal Ka'bah, ada tiga masjid berbentuk Ka'bah lho di Indonesia.

Berikut Suara.com rangkum dari Wikipedia, tiga masjid yang memiliki daya tarik tersendiri karena bentuknya terinspirasi dari Ka'bah di Mekkah, masjid ini juga menjadi destinasi religi yang sering dikunjungi wisatawan.

Masjid Kabah At-Toyibah di Subang

Masjid Ka'bah di Subang. (@subangtraveler)

Lokasinya ada di Jalan Kalijati Timur, Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Subang. Masjid Kabah ini diberi nama At-Toyibah.

Ka’bah adalah bangunan suci yang menjadi kiblat umat Islam se-dunia. Selain itu, juga sebagai pusat ibadah umroh atau haji. Tidak sedikit yang bercita-cita datang ke sana. Jika belum mendapat kesempatan untuk mengunjunginya, kamu bisa datang ke Subang. Ada satu masjid yang arsitekturnya menyerupai Ka’bah. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Masjid bernama At-Toyibah ini berbeda dengan masjid pada umumnya yang berkubah. Bangunannya berbentuk kotak mirip dengan Ka’bah di Masjidil Haram, Arab Saudi.

Masjid Al-Irsyad di Bandung

Desain masjid dirancang mirip Kakbah. Warna dasarnya abu-abu. Penataan batu bata pada keseluruhan dinding terlihat sangat mengagumkan. Batu bata disusun berbentuk lubang atau celah di antara bata solid. Pembangunan masjid ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil.

merupakan sebuah masjid yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 2009 dan selesai pada tahun 2010. Bentuk masjid sekilas hanya seperti kubus besar laiknya bentuk bangunan Kubah di Arab Saudi. Dengan konsep ini, dari luar terlihat garis-garis hitam di sekujur dinding masjid.

Masjid Al Fatih Al Anshar Makassar

Di sudut bangunan lainnya juga terdapat bangunan menyerupai Hajar Aswad yang biasa dicium umat Islam saat melaksanakan ibadah haji atau ibadah umrah.

Bangunan masjid ini terinspirasi langsung bangunan Ka'bah di Makkah.

BACA SELANJUTNYA

Sangat Worth It! 10 Film ini Cocok Ditonton ketika Bulan Desember dan Tahun Baru 2024!