Minggu, 28 April 2024
Arendya Nariswari | Hiromi Kyuna : Jum'at, 12 Februari 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) telah resmi behenti beroperasi. Kereta yang melayani jarak lokal Jogja - Solo ini akan digantikan oleh KRL. Upacara pelepasan KA Prameks terakhir dihelat pada Rabu (9/2/2021).

Akun TikTok @suryomulyo membagikan momen penuh haru dari kereta legendaris ini.

Momen pelepasan KA Prameks terakhir tersebut diabadikan di Stasiun Solo. Tampak sejumlah petugas yang memberi pernghormatan terakhir pada kereta yang bergegas meninggalkan stasiun.

Para petugas berdiri berjajar di pinggir rel. Mereka menundukkan kepala dan mengepalkan tangan kanan di dada kiri.

Upacara pelepasan KA Prameks terakhir (TikTok @alras13)

Setelah KA Prameks meninggalkan stasiun, para petugas pun melambaikan tangannya. Ada pula petugas yang memberi hormat pada kereta legendaris tersebut.

KA Prameks sudah beroperasi sejak 20 Mei 1994. Kereta ini menjadi saksi perjalanan bagi banyak orang dari Solo ke Yogyakarta maupun sebaliknya.

Momen upacara pelepasan KA Prameks terakhir ini tak dipungkiri mengundang rasa haru bagi banyak orang. Banyak warganet yang mengungkapkan kesedihan setelah melihat video singkat ini.

Beragam respon dari warganet pun hadir di kolom komentar video ini.

"Ini gue yang baperan atau gimana sih. Kok gue nangis," komentar seorang warganet.

Warganet lainnya turut mengomentari hal ini. "Terima kasih Prameks menemaniku 4 tahun PP Jogja - Solo menempuh pendidikan S1. Besok Maret aku sidang, jasamu tak tergantikan Prameks," ujar warganet ini berbagi cerita.

"Ya ampun Prameks. Kereta sejuta kenangan. Dari harga Rp3 ribu sampe sekarang Rp8 ribu. Dari tiket kayak kupon sampai berubah kayak lembaran transkrip," tulis warganet lainnya yang ikut bernostalgia.

Sementara itu, hingga Rabu (10/2/2021), video upacara pelepasan KA Prameks terakhir ini telah viral dan ditonton sebanyak 1 juta kali di TikTok.

BACA SELANJUTNYA

Tiket Kereta Api untuk Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Sudah Dijual