Kamis, 25 April 2024
Hiromi Kyuna : Minggu, 12 September 2021 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kereta menjadi salah satu transportasi umum yang kera dipilih untuk melakukan perjalanan antar kota.

Waktu tempuh yang cukup cepat dan tak terjebak macet menjadi alasan banyak orang memilih kereta.

Tahukah Anda bahwa semua kereta wajib berhenti saat melewati Stasiun Cipeundeuy? Informasi terkait hal ini dibagikan melalui akun TikTok @kai121_.

Apa pun kelas layanan kereta, mulai dari ekonomi, bisnis hingga eksekutif, wajib berhenti di stasiun tersebut. Alasan kereta wajib berhenti di Stasiun Cipeundeuy pun dijelaskan pada unggahan itu.

Stasiun Cipeundeuy adalah stasiun kelas dua di daerah operasi 2 Bandung. Stasiun ini dibangun pada 1893 dan berlokasi di Cinagara, Garut pada ketinggian 772 meter di atas permukaan laut.

Karena terletak cukup tinggi, semua kereta yang masuk ke stasiun jadi harus berhenti terlebih dahulu. Sebelum masuk ke Stasiun Cipeundeuy kereta mesti melewati tanjakan dan turunan yang cukup curam.

Kereta berhenti di Stasiun Cipeundeuy (TikTok @kai121_)

Hal tersebut membuat setiap kereta harus dicek untuk memastikan pengereman dan rangkaian siap serta aman melanjutkan perjalanan. Tentunya hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko terjanya hal-hal yang tak diinginkan.

Kereta yang melewati Stasiun Cipeundeuy adalah KA jurusan Pasar Senen - Bandung - Yogyakarta - Surabaya. Saat kereta berhenti, penumpang bisa turun untuk menikmati segarnya udara pegunungan. Namun tentu saja jangan sampai lupa waktu hingga ditinggal kereta.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Stasiun kecil tapi semua kereta berhenti untuk cek rem. Emang nggak ada duanya," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Wah, jadi keinget kenangan masa kecil dengan penuh cinta dan cerita di stasiun ini," ujar warganet ini.

"Setiap berhenti di stasiun ini selalu turun buat ngerokok soalnya berhentinya lama. Lumayan bisa menghirup udara segar Stasiun Cipeundeuy," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Sabtu (11/9/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 100 ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

BACA SELANJUTNYA

Berjarak 31 Km dari Stasiun Mojokerto, Ini 7 Hal Istimewa dari Hamparan Sabana Ranu Manduro