Rabu, 01 Mei 2024
Arendya Nariswari : Selasa, 08 Februari 2022 | 13:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Belum lama ini SE dan juga siaran pers menyebutkan bahwa pembatasan pintu masuk untuk WNI dan WNA yang melakukan perjalanan luar negeri dengan tujuan wisata disebutkan hanya bisa melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali), Bandara Hang Nadim (Batam), dan Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang).

Namun pernyataan ini langsung diklarifikasi oleh Kementerian Perhubungan melalui Surat Edaran Kemenhub Nomor 11 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

"Seharus berbunyi, pembatasan pintu masuk (entry point) bagi WNI dan WNA pelaku perjalanan luar negeri dengan tujuan wisata, dapat melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai (Bali), Bandara Hang Nadim (Batam), dan Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang)," ujar Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum Direktorat Jenderal Perhubungan udara, Fitri Indah S, dalam keterangannya.

Ini artinya, pelaku perjalanan luar negeri untuk kepentingan wisata juga dapat melalui Bandara Soekarno Hatta.

Petugas melakukan sterilisasi fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta. (AP II)

"Hal ini perlu kami tegaskan sekaligus sebagai klarifikasi atas berbagai pemberitaan yang telah beredar,"  sebut Fitri

Ia mengatakan bahwa saat ini Ditjen Perhubungan Udara tengah melakukan revisi SE Nomor 11 Tahun 2022, dengan tetap mengacu pada SE Satgas Covid-19 Nomor 4 Tahun 2022.

(Suara.com/Bimo Aria Furdika)

BACA SELANJUTNYA

Bandara Changi Singapura Sediakan Sewa Sepeda Gratis, Begini Cara Dapatkannya