Sabtu, 27 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Selasa, 04 Juli 2023 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Ya, DI Yogyakarta dikenal dengan salah satu daerah dengan upah minimum yang rendah. Tapi, harga properti di Kota Gudeg terlampau sangat mahal. Bayangkan, sebuah ruko di lokasi strategis bisa dijual dengan harga miliaran rupiah.

Salah satu contohnya seperti yang tampak dalam video yang dibagikan melalui akun TikTok matthewjedidiah. Dalam video berdurasi 47 detik itu, pria ini menunjukkan 2 ruko di Jalan Malioboro yang dijual.

"Eh guys, ada yang penasaran nggak sama harga yang adi di Malioboro Yogyakarta? Karena gue lagi di Jogja dan gue jalan-jalan di sekitar Malioboro. Gue penasaran gitu, ini jalanan kan selalu ramai ya, kalau kita mau jualan di sini bahkan punya ruko di sini tuh harganya berapa?" ungkap pria tersebut dalam videonya.

Pertama, ia menunjukkan sebuah ruko dua lantai di depan Ketandan yang dijual. Ia kemudian menghubungi nomor di spanduk dan bertanya berapa harganya.

Ruko dengan luas sekitar 129 meter persegi ini ternyata dijual dengan harga Rp12 miliar. Selanjutnya, ia juga menemukan spanduk ruko dijual di samping Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat ditanyakan, ternyata ruko tersebut sudah terjual di angka Rp18,5 miliar. Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video tersebut.

Warganet lain ikut berkomentar. "Harga elit, UMR sulit," ujar warganet ini.

"Harga properti, rumah, dan tanah di Jogja emang semakin tidak masuk akal," tulis warganet lain di kolom komentar.

Angka Rp18,5 miliar untuk sebuah ruko di Yogyakarta terbilang cukup fantastis. Terlebih saat mengingat Upah Minimum Provinsi (UMP) Daerah Istimewa Yogyakarta hanya di angka Rp1.981.782,39 pada tahun 2023 ini. Sedangkan Upah Minimum Kota Yogyakarta tahun 2023 ada di angka Rp2.324.775,51.

Sementara itu, hingga Selasa (4/7/2023), unggahan ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 300 ribu kali di TikTok.

BACA SELANJUTNYA

Menelusuri Fakta dan Legenda Taman Sari, Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun di Yogyakarta