Kamis, 02 Mei 2024
Hakim : Kamis, 02 November 2023 | 11:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Terdapat sejumlah kawasan destinasi wisata populer Bandung, di antaranya Ciwidey, Pangalengan dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Maka tak heran jika memasuki akhir pekan, wilayah Bandung ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan domestik.

Sebab, Bandung memang terkenal dengan beragam destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Ini 4 Tempat Wisata Populer di Bandung.

1. Bukit Jamur

Bukit Jamur merupakan satu di antara destinasi wisata di Bandung yang menawarkan keindahan alam sangat memukau.

Berlokasi di kawasan perkebunan PTPN VIII, Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya, Bukit Jamur ini menampakan keindahannya dengan formasi pepohonan yang menyerupai jamur.

Ketika kamu datang ke sini akan disuguhkan dengan panorama alam yang menawan, dan hamparan hijau serta pepohonan rimbun.

Satu di antara daya tarik Bukit Jamur yakni dari ketinggian kamu bisa melihat penampakan Kota Bandung.

Apalagi, ketika matahari terbenam atau terbit, warna langit yang cantik akan menambah keindahan panorama tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa spot foto yang instagramable di Bukit Jamur, seperti lokasi dengan patung dinosaurus, ayunan dengan views yang menakjubkan.

2. Goa Pawon

Terletak di Desa Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat dengan jarak sekitar 25 km dari arah barat Kota Bandung ada tempat wisata Goa Pawon.

Goa Pawon ini menyimpan keindahan alam tersendiri. Saat memasuki gua, kamu akan disambut dengan suasana yang mistis, dan petualangan menarik.

Terdapat jalur-jalur sempit yang harus dilewati, stalaktit dan stalagmit, yang indah menggantung di langit-langit dan lantai gua, serta formasi batu-batu yang unik.

Gua Pawon ini pun kerap dijuluki rumah manusia purba, karena dianggap penting bagi masyarakat Sunda dengan histori konon tempat berkumpulnya sesepuh Sunda.

Di sini juga ditemukan fosil manusia purba, yang konon merupakan nenek moyang orang Sunda yang masih diteliti oleh para arkeolog.

Goa Pawon ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk pecinta wisata alam dan sejarah. Sebab terdapat pula berbagai jenis peralatan yang digunakan manusia purba dapat dijumpai di sana.

3. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas ini terletak di Ciwidey, jika datang ke sini kamu dapat menikmati pemandangan hijau yang indah serta suasana pedesaan yang tenang nan damai.

Terdapat pula objek wisata menarik yang bisa ditemukan di sana, seperti air terjun, danau, perkebunan teh, serta peternakan sapi.

Satu di antara daya tarik Kampung Cai Ranca Upas, yakni Danau Situ Patenggang. Danau ini memiliki panorama alam yang sangat memukau dengan hamparan pepohonan pinus serta airnya jernih.

Kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau, untuk menikmati keindahan dan luasnya Situ Patenggang tersebut.

Selain itu terdapat tempat camping, yakni Ranca Upas Camping Ground adalah area perkemahan yang sangat cocok untuk kamu jika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

4. Lembah Dewata

Dari namanya mungkin akan ada yang mengira berlokasi di Bali, padahal taman ini berada di Bandung.

Taman Lembah Dewata ini hampir selalu ramai dipadati wisatawan, terletak di Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 3,7, Cibogo, Lembang, Bandung Barat.

Ketika datang ke sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hijaunya perbukitan, dan suasana pedesaan yang tenang dan damai.

Bahkan, suasananya mirip seperti di bali. Di sini terdapat berbagai fasilitas mulai dari kolam renang, restoran, area perkemahan, lapangan olahraga dan lain sebagainya.

Adapun daya tarik Taman Lembah Dewata ini, yakni bisa berfoto di 'Bali Swing'. Di sini, kamu bisa menaiki ayunan sambil menikmati keindahan alam.

Selain itu, terdapat kebun bunga dan kebun strawberry yang bisa dikunjungi untuk berfoto serta memetik buah segar. 

BACA SELANJUTNYA

4 Tempat Wisata di Bekasi Cocok untuk Anak-Anak Liburan Akhir Tahun