Sabtu, 27 April 2024
Muh Fauzan : Sabtu, 04 November 2023 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Beberapa hari terakhir pengguna media sosial ramai menggunakan stiker atau emotikon bahkan gambar buah semangka dalam postingannnya. Bukan tanpa alasan, penggunaan emotikon atau gambar buah semangka tersebut sebagai simbol dukungan dan solidaritas terhadap negara Palestina yang tengah diserang Israel.

Digunakannya emotikon semangka itu juga karena warna buah tersebut sama persis dengan warna-warna yang tersematkan pada bendera Palestina, yaitu hijau, putih, merah, dan hitam. Pada buah semangka sendiri, hijau merupakan warna kulit luarnya, merah adalah warna dagingnya, hitam warna biji-biji kecilnya, dan putih warna daging bagian bawah.

Dilansir dari laman bsimaslahat.org, semangka sendiri merupakan salah satu buah yang sudah tumbuh di kawasan Timur Tengah (Middle East) beratus-ratus tahun. Warga setempat menjadikan buah ini sebagai sajian makanan-- hidangan populer di wilayah Gaza Selatan.  Maka, tak heran jika buah ini digunakan ini sebagai simbol dukungan terhadap Palestina.

Selain itu, penggunaan emotikon semangka oleh warganet di berbagai media sosial terutama Instagram disebut-sebut untuk menyiasati agar postingan mereka tidak terkena teguran bahkan dihapus (take down) hingga shadowban dari aplikasi media sosial buatan Meta tersebut karena (berpotensi) dianggap melanggar kebijakan Instagram saat mengunggah gambar atau konten tentang Palestina. 

Indonesia sendiri sebenarnya memiliki banyak daerah yang merupakan penghasil buah semangka terbesar. Berdasarkan data Produksi Tanaman Buah-Buahan 2022 yang dirilis Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), Provinsi Jawa Timur merupakan daerah yang menghasilkan semangka terbesar di Indonesia.

Hingga tahun 2022, sebanyak 97.357 ton semangka dihasilkan oleh Jawa Timur.  Selanjutnya diikuti Provinsi Jawa Tengah sebanyak 59.837 ton, Sumatera Utara 29.418 ton, Bali 24.562 ton, dan Lampung 19.442 ton. Tak hanya itu, buah semangka juga banyak dibudidayakan bahkan kebunnya dimanfaatkan masyarakat tanah air sebagai kawasan agrowisata.

Salah satunya seperti kawasan Agrowisata Amanah yang ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.  Tempat wisata yang berada di Jalan Raya Solo-- Tawangmangu Kilometer 34,3 RT 01 RW 03, Desa Karang Wetan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar ini terkenal dengan wisata petik semangka kelas premium. 

Budidayanya pun dilakukan dengan cara yang unik. Disitat dari Kanal Youtube @tunasagro, wisatawan dapat belajar sekaligus bertani hingga outbond di kawasan agrowisata ini. Mereka juga mengembangkan budidaya buah semangka kelas premium atau eksklusif, yaitu Blacksweet, Jenar, Kanigara, dan Legit. 

Agrowisata ini membudidayakan semangka kelas eksklusif ini menggunakan sistem atau teknik hidroponik. Dengan  cara budidaya menggunakan hidroponik, buah semangka yang dihasilkan diklaim memiliki rasa manis yang memuaskan. Buah Semangka kelas premium ini sendiri sekitar 1,2-1,5 kilogram. 

Uniknya, Agrowisata Amanah ini memakai keranjang anyaman rotan untuk mewadahi semua buah semangka yang menggantung di tanamannya. Keunikan tersebut menjadi keunggulan tersendiri dari agrowisata ini dibandingkan wahana wisata serupa lainnya. Pengunjung dapat memetik langsung buah semangka kelas atas di atas di sini. 

Pemilik Agrowisata Amanah, Sripomo Wijoyo Sastro menuturkan buah-buah semangka kelas premium yang ditanam dan dibudidayakan di sini memiliki rasa manis yang berbeda dengan semangka pada umumnya. Ia juga menyebutkan, buah-buah semangka yang di agrowisata miliknya cukup langka. 

Buah semangka yang dibudidayakan di agrowisata ini dikatakan Sripomo selain manisnya istimewa, juga renyah saat dimakan. Tidak lembek seperti buah semangka kebanyakan. Buah Semangka kelas premium yang memiliki beberapa jenis ini akan terus dikembangkan di Agrowisata Amanah karena memiliki rasa yang khas.

Tak hanya itu, Agrowisata Amanah juga memiliki berbagai fasilitas seperti area outbond,  arena berkemah (camping ground), penginapan atau hotel, ruang pertemuan, restoran, toko roti, serta fasilitas yang lainnya. Harga tiket masuk yang dikenakan untuk para pengunjung pun disesuaikan atau berdasarkan paket wisata yang dipilih wisatawan.

Bagi anda yang ingin berwisata ke agrowisata ini dapat datang langsung ke tempat. Info lebih lanjut dapat mengunjungi akun Instagram resmi Agrowisata Amanah @ofc_amanah dan laman web agrowisataamanah.id. (*)

BACA SELANJUTNYA

Ditonton Hingga 50 Juta Kali, Aksi Pria Bikin Semangka Goreng Buat Heran