Minggu, 28 April 2024
Caca Kartiwa : Senin, 13 November 2023 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Nikita Willy dan Indra Priawan sedang menikmati waktu liburan bersama putra sulung mereka.

Salah satu momen yang ia bagikan di akun Instagram pribadinya adalah ketika mereka menaiki kapal untuk menikmati keindahan pemandangan di Selat Bosphorus.

Nikita Willy dengan senang hati mengajak sang buah hati untuk berpose dengan latar matahari terbenam yang menakjubkan saat berada di atas kapal.

Lantas, dimana letak Selat Bosphorus yang terlihat sangat indah dalam unggahan tersebut?

Selat Bosphorus, yang terletak di barat laut Turki, menjadi jalur vital menghubungkan Laut Hitam dan Laut Marmara.

Dengan panjang 32 kilometer, lebar bervariasi dari 730 hingga 3300 meter, dan kedalaman mencapai 30-120 meter, selat ini menjadi batas alami antara Asia dan Eropa, memisahkan Anatolia dari Thrace.

Nama "Bosphorus" berasal dari kata Trakia yang tak jelas asalnya, diartikan dalam bahasa Yunani sebagai "Ford of the Cow".

Ini terkait dengan legenda "Io", kekasih Zeus, yang berubah menjadi sapi dan berenang melintasi selat, terus diganggu oleh lalat yang dikirim Hera.

Selat Bosphorus bukan hanya jalur pelayaran penting menghubungkan Laut Hitam dengan dunia, tetapi juga rute migrasi ikan.

Meskipun sulit dinavigasi karena lebarnya yang sempit, selat ini menjadi pusat perhatian strategis di pertahanan Istanbul.

Sejak zaman Kaisar Bizantium, benteng dibangun di sepanjang pantainya, termasuk oleh sultan-sultan Ottoman.

Tiga jembatan gantung, termasuk Jembatan Boaziçi yang selesai dibangun pada 1973, melintasi selat ini. Selat Bosphorus memiliki peran vital dalam perspektif militer dan ekonomi Republik Turki.

Sebagai satu-satunya jalur untuk negara-negara seperti Rusia, Georgia, Rumania, dan Ukraina mengakses Laut Mediterania, selat ini memperkuat hubungan ekonomi Turki dengan negara-negara tersebut sehingga meningkatkan perekonomian negara secara umum.

BACA SELANJUTNYA

Niat Jahili Balik Pedagang Es Krim Turki, Pria Ini Malah Kaget Sendiri