Sabtu, 27 April 2024
Caca Kartiwa : Sabtu, 18 November 2023 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Jika Anda sedang merencanakan melakukan wisata di libur Natal 2023 dan tahun 2024, Kota Salatiga bisa jadi opsi menarik.

Salatiga terletak di Provinsi Jawa Tengah, dikelilingi oleh dua kota besar, yaitu Semarang dan Solo.

Kota seluas 56,781 km2 ini juga dilalui oleh jalan nasional dan Tol Trans Jawa, menjadikannya lokasi yang sangat strategis.

Dengan udara yang sejuk dan pemandangan indah karena posisinya di kaki Gunung Merbabu, kecantikan Salatiga telah diakui sejak zaman penjajahan Hindia Belanda.

Pada masa itu, Salatiga dikenal sebagai De Schoonste Stad van Midden-Java atau kota terindah di Jawa Tengah.

Salatiga, Indonesia, menawarkan beragam aktivitas luar ruangan yang dapat dinikmati saat menghabiskan waktu liburan akhir tahun, antara lain:

1. Hiking dan Trekking
Salatiga dikelilingi oleh keindahan alam, menjadikannya destinasi yang luar biasa bagi para penggemar kegiatan luar ruangan. Taman Nasional Gunung Merbabu menawarkan berbagai jalur hiking dan trekking, memberikan pengunjung pemandangan menakjubkan dari sekitarnya.

2. Air Terjun
Salatiga memiliki beberapa air terjun cantik, termasuk Air Terjun Umbul Songo. Selain itu adapula Goa Rong View untuk melihat keindahan kota dari ketinggian.

Air terjun Umbul Songo menawarkan pemandangan indah dan daya tarik alam, menjadikannya destinasi populer bagi para pengunjung.

3. Taman Petualangan Kopeng Treetop
Taman ini menawarkan berbagai wahana dan aktivitas seru, termasuk flying fox, spider jump, trampoline, dan jembatan tali. Ini adalah tempat yang bagus untuk keluarga dan pencari petualangan.

4. Museum Kereta Api Ambarawa
Museum ini didedikasikan untuk kereta uap dan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk naik kereta uap tua sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

Tempat ini sangat cocok untuk para penggemar kereta api dan mereka yang tertarik pada sejarah.

5. Birdwatching
Salatiga menjadi rumah bagi berbagai jenis burung, menjadikannya destinasi yang luar biasa untuk birdwatching. Pengunjung dapat menjelajahi keindahan alam sambil mengamati kehidupan burung lokal.

BACA SELANJUTNYA

Taman Safari Solo Berencana Bangun Museum Gesang pada 2024