Minggu, 28 April 2024
Rivaldi : Selasa, 21 November 2023 | 16:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Sumedang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat. Sumedang terkenal dengan makanan tahunya yang enak dan terkenal hingga daerah lain.

Tapi bukan hanya tahunya saja yang enak melainkan tempat wisatanya yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Jika kita mendelik dari kedudukannya, Kabupaten Sumedang ini berbatasan dengan Majalengka di Timur, Kabupaten Indramayu di bagian Utara, Kabupaten Bandung di bagian Barat Daya, Kabupaten Garut di bagian selatan, hingga Kabupaten Subang di bagian Baratt.

Sebagian besar wilaya Sumedang merupakan dataran tinggi dan pegunungan, hanya sebagain kecil saja yang berada di daerah dataran rendah. Makanya banyak tempat wisata di Sumedang didominasi oleh objek wisata alam.

Mari kita lihat apa saja tempa wisata alam di Sumedang, untukmu yang suka hijau.

1.      Curug Gorobog

Berlokasi di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Air terjun Curug Gorobog memiliki keindahana alam yang masih terjaga dengan baik. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan yang menambah eksotis dan memacu adrenalin bagi para pengunjung.

Untuk menikmati wisata air terjun ini, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000 saja. Masih sangat terjangkau dan sangat layak untuk masuk dalam daftar tujuan wisata kalian.

2.      Nangorak Camp

Bagi kalian yang menyukai camping sangat wajib untuk mendatangi tempat ini. Berlokasi di Kampung Nangorak, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Tempat wisata untuk berkemah ini berada di ketinggian 800 – 1000 meter DPL. Butuh waktu satu jam lamanya dengan jarak tempuh 6KM apabila dari alun – alun kota Sumedang.

Meskipun dinilai agak lama hal ini juga bukan tanpa alasan karena harus melalui jalan yang menanjak serta sempit jadi tidak bisa memaksimalkan kecepatan kendaraan kita apalagi di beberapa tikungan memiliki alur jalan yang agak ekstrime.

Untuk biaya masuk, pengunjung hanya membayar Rp. 1000 saja, wah sangat murah sekali yaaa dan wajb banget kamu untuk di masukin ke dalam list wisata kamu nanti.

3.      Wisata Alam Pangjugjugan

Berlokasi di Dusun Babakan Anjun, RT. 3/10, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Cilembu, Kec. Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Desa Wisata Alam Pangjugjugan ini merupakan desa wisata yang menawarkan tempat liburan alam untuk keluarga.

Dengan biaya masuk sekitar Rp 5000 saja plus tambahin seribu rupiah apabila membawa kendaraan bermotor. Sangat murah banget bukan?

Adapun fasilitas yang bisa anda nikmati ditempat wisata ini adalah Playground, arena bermain anak, lesehan, terapi ikan, batu refleksi, curug, lapangan futsal, kolam renang, flying fox, becak mini, tunggang kuda dan paparahuan.

4.      Situ Cilembang di Sumedang

Berlokasi di Desa Hariang, Kec. Buahdua, Kab. Sumedang. Objek wisata danau ini belakangan amat sangat popular karena viralnya beberapa dokumentasi yang memperlihatkan keindahan situ tersebut.

Jika anda datang kesini pasti anda akan berdecak kagum karena airnya sangat jernih dan bisa memantulkan warna langit yang diterjemahkan dengan sempurna.

Hanya saja disayangkan kita tidak bisa mandi – mandi disana dan juga dilarang untuk mengunjunginya di hari Selasa dan Jumat. Untuk menikmati keindahan alam ini, pengunjung dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar dua ribu rupiah saja.

5.      Wisata alam Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK).

Bagi anda yang suka menjelajahi hutan dan anaknya sangat petualang sekali, mungkin destinasi Taman Buru Gunung Masigit bisa menjadi salah satu alternatif.

Awalnya lokasi ini merupakan area berburu Namun, berubah menjadi area hutan konservasi dan dikembangkan menjadi kawasan wisata alam yang unik. Berbagai wahana tersedia ditempat ini seperti outbound, hiking, penginapan dan lain – lain.

Berlokasi Desa Leuwiliang, Tanjungwangi, Cicalengka, Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bagi anda yang ingin berkunjung kekawasan ini silahkan menempuh jalan Bandung – Cicalengka _ Sindang wangi – Tanjung wangi – Blok KW (kawasan wisata). Letaknya sekitar 14 KM dari Cicalengka.

BACA SELANJUTNYA

5 Tempat Staycation di Garut yang Nyaman Cocok untuk Hilangkan Penat