Senin, 29 April 2024
Caca Kartiwa : Kamis, 23 November 2023 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Guideku.com - Kabupaten Bandung memiliki banyak potensi wisata yang tersembunyi, salah satunya adalah Situ Sangkuriang.

Meskipun lokasinya terpencil dan sulit dijangkau oleh kendaraan umum, keberadaan danau buatan ini memiliki daya tariknya sendiri dan jadi salah satu primadona baru usai viral di media sosial.

Dengan suasana yang jauh dari keramaian kota, Situ Sangkuriang menawarkan keindahan alam dan kesejukan udara di pagi hari.

Terletak di cekungan antara Gunung Bukit Tunggul dan Gunung Palasari, danau ini menjadi hidden gem yang memukau setiap pengunjung.

Meski bukan danau alami, Situ Sangkuriang memiliki daya tarik dengan rimbunan pohon asri dan mata air yang menjadi sumber Sungai Cikapundung. Lokasinya, di kaki Gunung Bukit Tunggul, menambah kesan alaminya.

Walaupun tidak sebesar danau alami lainnya, Situ Sangkuriang tidak berkaitan dengan tokoh legenda Sangkuriang, karena merupakan reservoir buatan yang dibangun sejak tahun 2009.

Airnya yang jernih berasal dari Gunung Pangparang dan terus mengalir hingga ke Sungai Cikapundung.

Penting untuk diingat bahwa pengunjung tidak diperbolehkan berenang di danau ini karena kedalamannya mencapai sekitar 6 meter.

Akses ke lokasi dapat ditempuh melalui dua jalur, baik dari Alun-alun Ujung Berung maupun dari Maribaya, Kabupaten Bandung Barat.

Meskipun medan ke lokasi agak berat, tiket masuk yang terjangkau sekitar Rp10 ribu per orang membuat pengalaman ini layak untuk dijelajahi.

Situ ini berjarak kurang lebih 200 meter-an dari pos penjagaan dan ditempuh dengan jalan kaki.

Namun, perjalanan malam tidak disarankan karena minim penerangan, dan bus besar tidak dapat mencapai lokasi Situ Sangkuriang.

BACA SELANJUTNYA

Staycation Outdoor di Bandung: Ini Destinasi Wisata Seru untuk Libur Natal dan Tahun Baru